Menpora Zainudin Amali saat menyapa karateka di Pelatnas SEA Games Vietnam. (Foto: Dok. Antara/Aditya Pradana Putra)
Menpora Zainudin Amali saat menyapa karateka di Pelatnas SEA Games Vietnam. (Foto: Dok. Antara/Aditya Pradana Putra)

Menpora Minta Atlet yang Dikirim ke SEA Games Vietnam Bisa Raih Medali

Olahraga kemenpora Menpora Zainudin Amali SEA Games 2021 Hanoi
Alfa Mandalika • 26 April 2022 15:30
Jakarta: Menpora Zainudin Amali meminta atlet yang terpilih ke SEA Games 2021 Vietnam serius mempersiapkan diri. Sebab, Menpora meminta atlet-atlet bisa mempersembahkan medali bagi kontingen Indonesia dalam kejuaraan multi cabang terbesar di Asia Tenggara itu.
 
Orang nomor satu di Kemenpora itu mengingatkan bahwa atlet yang diberangkatkan mewakili Indonesia merupakan atlet-atlet pilihan yang telah melewati seleksi sehingga harus memanfaatkan kesempatan itu dengan baik dengan mempersembahkan medali.
 
"Kalian yang terpilih harus memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan menunjukkan prestasi terbaik. Banyak yang ingin berangkat, tetapi tidak lolos atas dasar penilaian tim review," kata Menpora Zainudin Amali dikutip dari laman Kemenpora di Jakarta, Selasa 26 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan bahwa setelah pelaksanaan SEA Games di Vietnam, seleksi pengiriman atlet ke multi cabang olahraga internasional akan lebih ketat lagi dengan menggunakan parameter yang terukur dan berdasarkan data. Artinya, hanya cabang olahraga dan atlet yang dapat meraih medali saja yang akan diberangkatkan.
 
Langkah itu, kata dia, dilakukan sebagai upaya pemerintah mengubah paradigma terkait pembinaan olahraga prestasi Indonesia yang menempatkan Olimpiade sebagai target utama. Sementara SEA Games dan Asian Games hanya sasaran antara.
 
“Jika sekarang berdasarkan data, ke depan (seleksi pengiriman atlet) akan lebih ketat lagi. Sekarang paradigma harus berubah, SEA Games adalah sasaran antara saja guna menuju jenjang di atasnya hingga Olimpiade," katanya menegaskan.
 
Indonesia akan berpartisipasi dalam 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2021 Vietnam.
 
Sebanyak 13 cabang olahraga yang masuk Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), seperti angkat besi, atletik, bulu tangkis, renang dan panahan diharapkan dapat menyumbang medali emas, perak dan perunggu.
 
Sementara cabang yang di luar DBON, seperti basket, tinju, voli, sepak bola, dan esport harus bisa meraih emas dan perak.
 
(ASM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif