Para atlet wushu junior Indonesia. (Foto: Istimewa)
Para atlet wushu junior Indonesia. (Foto: Istimewa)

Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Minim Pengalaman Internasional, Timnas Wushu Junior Indonesia Pantang Gentar

Kautsar Halim • 05 Desember 2022 22:38
Jakarta: Manajer timnas wushu junior Indonesia, Sudarsono, menyebutkan bahwa 11 atlet sanda yang berada di bawah naungannya belum memiliki pengalaman bertanding di level internasional. Namun, dia optimistis para atlet Indonesia bisa unjuk gigi di Kejuaraan Dunia Wushu Junior (WJWC) 2022.
 
"Mereka memang belum punya pengalaman bertanding di ajang internasional. Tetapi, saya tidak pernah meragukan kemampuan mereka dan saya yakin nomor sanda bisa menyumbang emas," kata Sudarsono. 
 
WJWC 2022 dijadwalkan bergulir di ICE Bumi Serpong Damai (BSD), Banten selama enam hari (5-10 Desember) dan diikuti oleh ratusan peserta dari 60 negara serta 2 daerah regional (Hongkong dan Macau). Sudarsono melanjutkan, dirinya optimistis para atletnya bisa bersaing dengan atlet luar negeri karena mereka tampak ceria dan bersemangat menyambut turnamen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lihat saja anak-anak yang memperkuat Pasukan Merah Putih penuh dengan keceriaan sejak mulai menjalani latihan di pelatnas hingga menjelang pertandingan. Keceriaan itu membuat mereka tampil tanpa beban saat bertemu dengan siapa pun lawannya," papar Sudarsono.
 
Sementara itu, Rizky sebagai salah satu atlet wushu sanda Indonesia mengaku tak gentar mengarungi WJWC karena punya motivasi untuk membahagiakan orang tua. Dia pun bertekad tampil maksimal agar bisa keluar sebagai juara.
 
"Ya, saya memang sejak awal sudah punya tekad untuk bisa membanggakan kedua orang tua. Dan, saya tidak akan pernah takut untuk bertarung dengan siapa pun lawannya. Mudah-mudahan saya bisa mempersembahkan medali emas," kata Rizky yang akan turun di kelompok Pra Junior kelas 52kg putra. 
 
Bukan hanya atlet sanda, para atlet taolu Indonesia juga sudah siap memberikan penampilan terbaik di WJWC 2022. Hal itu diungkapkan oleh pelatih taolu timnas wushu junior Indonesia, Probo Muljono. 
 
"Kondisi seluruh atlet taolu cukup bagus. Mereka sudah siap tampil," katanya. 
 
Pada hari pertama pertandingan, Selasa 6 Desember, Probo menyebutkan ada dua atletnya yang bakal tampil, yakni Tieasto dan Rainner Reinaldy Ferdiansyah. Keduanya sama-sama atlet andalan dan berpeluang meraih emas.
 
"Josh dan Rainner punya peluang untuk meraih emas. Mudah-mudahan bisa terwujud," ujar Probo.

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif