Peluncuran logo dan maskot FORMI kelima 2019 di Wisma Kemenpora, Senin (22/4) (Istimewa)
Peluncuran logo dan maskot FORMI kelima 2019 di Wisma Kemenpora, Senin (22/4) (Istimewa)

Siap Digelar, FORNAS Rilis Logo dan Maskot

Olahraga olahraga
Rendy Renuki H • 22 April 2019 23:53
Jakarta: Pekan olahraga tradisional bertajuk Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) siap digelar tahun ini di Samarinda, Kalimantan Timur, 15-18 November mendatang. Persiapan itu dibuktikan induk organisasinya (FORMI) dengan merilis logo dan maskot festival olahraga yang memasuki edisi kelima dan akan mempertandingan sejumlah cabang olahraga masyarakat dan tradisional.
 
Mengusung tema Pemberdayaan Olahraga Rekreasi Masyarakat mendukung kesuksesan pembangunan SDM Indonesia, FORNAS kali ini mengusung logo cukup dinamis. Di mana terdapat latar pelangi dengan lima selendang emas yang mengartikan jumlah pelaksanaan FORNAS yang telah memasuki edisi kelima.
 
Pose dua orang pahlawan dan perwakilan lima cabang induk organisasi yang berhimpun di FORNAS juga menjadi penghias logo. Kesan yang menggambarkan jika induk-induk cabor yang bernaung tersebut siap bertanding dan menjadi yang terbaik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan untuk maskot, FORNAS kelima ini memilih sosok Pesut Mahakam yang populiasinya kian terancam. padahal, mamalia tersebut memiliki keahlian mendeteksi dan menghindari rintangan, sejalan dengan para peserta yang berjumlah 15 ribu orang siap menjadi yang terbaik di FORNAS kelima ini.
 
"FORNAS ini adalah PON-nya olahrag masyarakat, olahraga rekreasi. Jadi di sana itu (Samarinda) akan hadir sekitar 64 induk olahraga yang berhimpun di FORMI, dan mereka akan menampilkan berbagai keunikan, berbagai olahraga yang mereka miliki dari olahraga tradisional, seni budaya sampai olahraga kesehatan dan kebugaran dan olaharaga anak-anak muda," ujar Ketua Umum Formi Hanoyo Isman di Wisma Kemenpora, Senin 22 April.
 
Para peserta yang akan terlibat di FORNAS kelima ini meliputi 37 induk organisasi olahraga. Serta 10 cabang olahraga kearifan lokal yang bernaung di FORMI dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.
 
Bahkan, beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan telah menjadi olahraga prestasi di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan kesuksesan meraih medali di ajang Asian Games 2018.
 
Seperti pencak silat, dayung, sepeda BMX, panjat tebing, skateboar, hingga olahraga baru yang langsung diganderungi masyarakat yakni e-Sport.
 
"Ya ini bagus, kita juga harus mendorong organisasi seperti FORMI maupun organisasi olahraga rekreasi ini harus mendapatkan tempat sampai kemudian ada pekan olahraga. Kita dorong agar anak-anak kita terbiasa bergerak, terbiasa untuk olahraga, olahraga apa saja," kata Menpora Imam Nahrawi pada kesempatan yang sama.
 
"FORMI juga nanti akan mempromosikan berbagai macam olahraga rekreasi masyarakat yang dulunya tumbuh di masyarakat yang sekarang tentu harus kita dorong dan modifikasi kembali. Tentu terima kasih kepada teman wartawan yg mengabarkan berita baik ini," pungkasnya.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif