Kompleks Stadion Papua Bangkit. (Foto: Antara/Gusti Tanati)
Kompleks Stadion Papua Bangkit. (Foto: Antara/Gusti Tanati)

Kualifikasi PON tidak Diulang

Olahraga pon 2020
Media Indonesia • 02 Mei 2020 11:02
Jakarta: Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang ditunda ke tahun depan tidak akan memengaruhi persoalan teknis, termasuk kualifikasi. Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Suwarno menegaskan tidak ada penjadwalan ulang kualifikasi meski PON ditunda.
 
"Kualifikasi kan sudah digelar masing-masing cabang olahraga. Tidak mungkin awal tahun nanti kita gelar kualifikasi lagi, nanti pengaruh juga ke anggaran lagi," kata Suwarno saat dihubungi, kemarin.
 
Saat ini, kata Suwarno, data atlet yang akan ikut PON sudah dalam proses entry by name. KONI nantinya akan mengecek kembali keabsahan, termasuk ke tahapan kualifikasi cabang yang belum tuntas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di lain sisi, Suwarno berharap persiapan PON seperti pembangunan arena pertandingan dan tempat penginapan bisa tetap berjalan meskipun PON ditunda hingga tahun depan.
 
Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali mengonfirmasi bahwa PON ditunda tahun depan.
 
"Tadi 09.30 WIB saya sudah mengikuti Rapat Kabinet Terbatas yang dipimpin langsung Bapak Presiden dengan agenda tunggal pelasanaan PON 2020," ujar Menpora saat telekonferensi dengan awak media pada 23 April 2020.
 
"Pada rapat terbatas tadi sudah ada keputusan setelah mendengarkan laporan dari Menko PMK kemudian saya sendiri yang melaporkan kondisi terakhir pelaksanaan PON. Dari laporan yang kami sampaikan, maka Bapak presiden memutuskan PON 2020 dan Peparnas yang sedianya dilakukan Oktober 2020 ditunda menjadi Oktober 2021," lanjut Menpora.
 
"Waktu yang ada di bulan Oktober dan disitulah kita akan melaksanakan PON, dan telah disetujui oleh Bapak Presiden. Waktu yang ada dan pilihan tepat untuk kita di bulan Oktober 2021. Hal-hal lainnya menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada," pungkas Menpora.
 
Video: Jika Pandemi Covid-19 Belum Berakhir Pada Juli, Liga 1 2020 Dihentikan
 
(ASM)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif