Agus Prayogo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Agus Prayogo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Agus Prayogo Sumbang Emas di Nomor Marathon Putra

Olahraga SEA Games 2019 Filipina
Alfa Mandalika • 06 Desember 2019 09:00
New Clark: Agus Prayogo sukses merebut emas cabang olahraga atletik nomor marathon putra SEA Games XXX Filipina 2019 di New Clark, Jumat 6 Desember 2019.Agus mencatatkan waktu terbaik 2 jam 26 menit 48 detik.
 
"Saya senang sekali ya bisa kembali menyumbangkan emas buat Indonesia, terutama di nomor marathon. Ini adalah medali emas pertama saya untuk marathon. Ini juga emas pertama untuk tim atletik. Semoga ini bisa menjadi motivasi untuk teman-teman, semoga juga bisa menyumbangkan emas untuk Indonesia," ujar Agus seusai bertanding.
 
Agus mengalahkan wakil Thailand Namket Samchai yang menorehkan waktu 2 jam 27 menit 18 detik. Medali perunggu jatuh ke tangan Malaysia, atas nama Mohamad Muhaizar dengan 2 jam 33 menit 8 detik. Sementara, atlet Indonesia lainnya, Welman David Pasaribu finish di tempat keempat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan demikian ini menjadi emas keenam Agus. Dia sendiri kerap turun di nomor 5K dan 10K. Pada full marathon 42K di SEA Games Kuala Lumpur 2017, Agus terpaksa berpuas diri dengan medali perak.
 
Menurut Agus, tantangan terbesar adalah soal rute. Dia tak menyangka hampir 99 persen rutenya merupakan beton cor, dan bukan aspal. Pasalnya, New Clark memang venue baru yang dibangun pihak Filipina dan masih belum tuntas sepenuhnya.
 
"Otomatis itu lebih berat dan lebih menantang buat kaki saya," imbuh dia.
 
Tantangan lain yakni faktor cuaca. Saat start lomba pukul 05.45 pagi ini, matahari belum tampak.
 
"Tapi sekarang ya kelembaban itu tak bisa dibohongi ya," ujar Agus.
 
Torehan emas Agus membuat Indonesia kini sudah mengemas 28 emas, 36 perak, dan 39 perunggu. Hasil yang membuat Indonesia saat ini berada di peringkat ketiga klasemen medali SEA Games 2019.
 
Indonesia berpeluang mendapatkan medali lagi hari ini dari cabang olahraga tenis di nomor tunggal putri lewat Aldila Sutjiadi.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif