Samantha Edithso Juara Dunia Catur

Pecatur Cilik Indonesia Ukir Prestasi di Pentas Dunia

Achmad Firdaus 17 Juli 2018 16:47 WIB
caturSamantha Edithso
Pecatur Cilik Indonesia Ukir Prestasi di Pentas Dunia
Samantha Edithso (kiri) Foto: Youtube
Minsk: Bendera Merah Putih kembali berkibar di pentas olahraga dunia. Setelah Lalu Muhammad Zohri yang mencetak sejarah pada Kejuaraan Dunia Atletik (IAAF) U-20 di Finlandia, kali ini giliran pecatur cilik Indonesia Samantha Edithso yang sukses mengharumkan nama bangsa.

Samantha, yang baru berusia 10 tahun sukses menggemparkan dunia usai jadi juara di kompetisi catur dunia FIDE World Championship 2018 U-10 yang berlangsung di Minks, Belarusia.

Samantha dinobatkan sebagai juara usai mengandaskan perlawanan sengit Yana Zhapova pada babak terakhir. Hebatnya lagi, selama turnamen bertajuk FIDE World Rapid Cadet Championship 2018 itu, Samantha tidak terkalahkan.
 

Baca: Di Balik Insiden Bendera Merah Putih saat Lalu Zohri Juara


Berkompetisi selama dua hari dan memainkan sembilan babak dengan sistem Swiss, bocah asal Bandung itu hanya gagal meraih kemenangan pada babak ketiga. Samantha harus berbagi setengah angka alias remis melawan Afruza Khamdamova.


Pertarungan Samantha versus Khamdamova yang bergelar WCM dan merupakan juara FIDE World School Chess Championship 2017, berlangsung cukup sengit. Pecatur 10 tahun asal Uzbekistan itu terkenal dengan gaya mainnya yang brutal. Namun, Samantha mujur berhasil lolos dari sergapannya dan memaksakan remis.
 

Baca juga: Api Asian Games Tiba di Yogyakarta


Selain pertarungan melawan Khamdamova, Samantha sukses melibas lawan-lawan yang dihadapinya pada delapan babak lainnya. Pada akhir turnamen, Samantha pun berhak tampil sebagai juara usai mengoleksi 8,5 poin dari 9 babak.

Prestasi yang ditorehkan Samantha seakan menjadi oase di tengah mandeknya prestasi Indonesia di cabang olahraga catur, terutama setelah era Utut Adianto, Susanto Megaranto serta Irene Kharisma Sukandar.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Nobar Rasa Atmosfer Stadion di Fanzone Spartak, #SalamdariRusia




(ACF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id