Ilustrasi pembangunan venue aquatic di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)
Ilustrasi pembangunan venue aquatic di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)

Jelang PON 2020

Lahan Parkir Jadi Kendala Saat Pelaksanaan PON Papua

Olahraga pon 2020
Roylinus Ratumakin • 22 Januari 2020 15:55
Jayapura: Koordinator Bidang Transportasi Panitia PON XX Kabupaten Jayapura Alfons Awoitauw mengatakan, pihaknya hingga kini belum mendapatkan lokasi parkir untuk pelaksanaan PON di Kabupaten Jayapura.
 
“Pertemuan sebelumnya memutuskan untuk menyewa lahan milik masyarakat lokal. Kami sudah mendekati pemilik (lahan) ulayat, tetapi (petunjuk teknis) dari (Pengurus PON tingkat) provinsi masih belum jelas sampai saat ini,” kata Alfons, Rabu, 22 Januari 2020.
 
Dikatakan, pihaknya juga menghadapi kendala untuk memberdayakan pengusaha lokal dalam penyediaan sarana transportasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kebanyakan jasa penyewaan kendaraan setempat tidak berbentuk badan usaha resmi sehingga tidak bisa melakukan kontrak kerja sama pengadaan armada,” ujarnya.
 
Untuk itu, kata Alfons, pihaknya tengah menjalin kerja sama dengan PT Astra Abadi, dan Grab guna pengadaan armada transportasi.
 
“Sebenarnya banyak rental kendaraan di sini (lokal), tetapi bukan badan usaha. Semoga (rental lokal) dapat diakomodasi (dilibatkan) oleh (pengurus PON tingkat) provinsi,” katanya.
 
Tidak hanya fasilitas parkir dan transportasi, kepastian pembangunan arena (venue) beberapa cabang olah raga juga masih belum jelas di Kabupaten Jayapura. Cabang olah raga tersebut ialah Aero Sport, Paralayang, dan Gantole.
 
“Rencana awalnya, venue dibangun di Bukit Tungkuwiri (teletubies), dan Ifar Gunung. Namun, belum jelas juga (kepastian pembangunannya,” kata Wakil Ketua PON XX Kabupaten Jayapura, Yaan Yoku.
 
Pengurus Besar (PB) PON XX telah memastikan akan ada 100 minibus beserta sopir disiapkan untuk transportasi delegasi dan atlet. Pengadaan dari KONI tersebut disebar di empat klaster penyelenggaraan, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Timika.
 
Video: Aksi Terpuji Pemain Futsal Ini, Respect!
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif