Ganda campuran para bulu tangkis Indonesia, Leani Ratri Oktila & Hary Susanto, meraih emas (AFP/Kiyoshi Ota)
Ganda campuran para bulu tangkis Indonesia, Leani Ratri Oktila & Hary Susanto, meraih emas (AFP/Kiyoshi Ota)

Kaleidoskop 2021

Kaleidoskop Olahraga 2021: Sejarah di Paralimpiade Tokyo

Olahraga Paralimpiade Kaleidoskop 2021
Gregorius Gelino • 31 Desember 2021 18:00
Indonesia mencatatkan sejarah dengan memenangkan medali terbanyak dalam partisipasi mereka di Paralimpiade. Kontingen Merah Putih meraih total sembilan medali dengan rincian dua emas, tiga perak, dan empat perunggu.
 
Pencapaian ini melewati capaian terbaik Indonesia pada Paralimpiade Toronto 1976 dan Paralimpiade Arnhem 1980. Indonesia meraih 2 emas, 1 perak, dan tiga perunggu di Toronto dan 2 emas serta empat perunggu di Arnhem.
 
Namun, Indonesia belum mampu menyamai prestasi di Toronto ketika menempati peringkat 26 klasemen perolehan medali. Meski Indonesia mampu menempati posisi 43 pada Paralimpiade Tokyo, jauh lebih baik ketimbang Paralimpiade Rio ketika Indonesia menempati posisi 76.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Badminton menjadi cabor dengan sumbangan medali terbanyak, yaitu enam medali. Lalu para powerlifting, atletik, dan para tenis meja masing-masing menyumbangkan satu medali.
 
Dua emas Indonesia didapat dari cabang olahraga Para Badminton. Leatri Ratri Oktila menyumbang emas dari kategori ganda campuran SL3-SU5 bersama Hary Susanto dan kategori ganda putri SL3-SU5 bersama Khalimatus Sadiyah.
 
Leani juga menyumbang perak di kategori tunggal putri SL4. Selain itu, para badminton juga menambah satu perak dari tunggal putra SU5, perunggu dari tunggal putra SU5, dan perunggu dari tunggal putra SL4.
 
Sedangkan perak disumbangkan Ni Nengah Widiasih dari cabor para powerlifting kategori 41kg putri. Kemudian perunggu disumbangkan David Jacobs dari cabor para tenis meja kategori tunggal putra dan perunggu lainnya didapat Saptoyoga Purnomo dari para atletik kategori 100m putra T37.
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif