Tim rugby Indonesia berlatih di Parangtritis, Yogyakarta-Medcom.id/Rendy
Tim rugby Indonesia berlatih di Parangtritis, Yogyakarta-Medcom.id/Rendy

Prasarana Kurang, Tim Rugby Indonesia 'Ngungsi' ke Pantai

Olahraga olah raga
Rendy Renuki H • 01 Maret 2018 19:31
Jakarta: Tim rugby Indonesia tengah melakukan pemusatan latihan nasional di Parangtritis sebagai persiapan tampil di Asian Games 2018. Manajer tim rugby Indonesia Doedie Gambiro membeberkan, timnya mengungsi berlatih di pantai di Kecamatan Bantul, Yogyakarta itu, karena kurangnya prasarana latihan di Jakarta.

Selain itu, pemilihan Pelatnas di pantai dimaksudkan agar tim pelatih bisa sekaligus memberikan porsi latihan fisik yang baik. Berlatih di kontur permukaan tanah berpasir menuntut atlet mengerahkan tenaga ekstra. Pasir menurut Doedi membuat para atletnya mengeluarkan dua kali kemampuan untuk menggerakkan tubuh. Baik saat berlari maupun berlatih.

"Kita ini cabang olahraga baru, jadi mesti latihan seperti ini. Kontur pasir pantai membuat para pemain lebih berat melakukan latihan, karena jika berlari di pantai beban akan menjadi dua kali lebih berat. Jadi pemain berlatih keras di sini dan akan terasa bermain lebih ringan di tempat resmi," ujarnya saat ditemui Medcom.id, Kamis 1 Maret 2018.

Baca juga: LeBron James Catat Rekor di NBA

"Di Jakarta fasilitasnya kurang. Nanti saja venue (Asian Games 2018) pakai Lapangan D Senayan. Padahal di sana tidak ada tribun, ruang ganti pemain, dan ice bucket (kolam rendam es)," ujar Doedie.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Rugby memang menjadi olahraga baru di Indonesia dan masih kurang populer dibandingkan sepak bola dan futsal. Pada ajang Asian Games 2018 nanti, nomor yang dipertandingkan adalah rugby seven (pertandingan rugby yang dimainkan tujuh orang dalam satu tim). "Jangan berharap terlalu banyak dahulu (di Asian Games). Ini (rugby) masih baru banget. Tapi saya yakin bila berkelanjutan sampai ke SEA Games tahun depan, Insha Allah kita dapat medali," tutup Doedie.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: KOI Gelar Rapat Anggota Tahunan di Jakarta
 


(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi