Asian Para Games 2018

Suparniyati, Anak Penjual Tempe yang Jadi Ratu Tolak Peluru Asia

Kautsar Halim 08 Oktober 2018 18:56 WIB
Asian Para GamesBintang Arena Asian Para Games 2018
Suparniyati, Anak Penjual Tempe yang Jadi Ratu Tolak Peluru Asia
Suparniyati usai meraih medali emas Asian Para Games 2018 nomor tolak peluru F20 (Foto: Romy Pujianto/Media Indonesia)
Jakarta: Senyum Suparniyati terkembang usai lemparannya sejauh 10,75 meter tidak mampu disaingi atlet-atlet lain. Praktis, gelar ratu Tolak Peluru Asia pun kini resmi disandangnya.

Parni --demikian ia disapa-- tampil sebagai yang terbaik pada pertandingan Asian Para Games cabang tolak peluru F20, Senin 8 Oktober 2018. Ia berhasil mengalahkan atlet Jepang Nakada Hiromi (10,51m), dan kompatriotnya Tiwa yang harus puas dengan medali perunggu.

Ini merupakan emas pertama yang diraih Indonesia dari cabor tolak peluru di ajang Asian Para Games. Pun demikian dengan Parni yang baru kali ini tampil di ajang multievent untuk atlet-atlet disabilitas se-Asia ini.
 

Baca: Suparniyati Raih Emas dari Cabor Para Atletik


Parni mengakui, prestasi yang ditorehkannya kali ini tidak lepas dari kerja keras serta dukungan penuh dari orang-orang di sekitarnya. Khususnya sang ibu yang sehari-hari berprofesi sebagai penjual tempe.


Menurut Parni, ibunya adalah sosok yang sangat penting dalam hidupnya, terutama saat meniti karier sebagai atlet. Dara berusia 25 tahun ini tak memungkiri bahwa dirinya sempat merasa tidak percaya diri dengan kondisinya.

"Dari kecil, Parni sudah diajarkan mama untuk tidak mendengarkan omongan (jelek) orang lain. Dengan begitu, Parni bisa latihan lebih giat dan jadi seperti saat ini," aku Parni.

Dunia tolak peluru sendiri sudah dikenal Parni sejak duduk di bangku SMP kelas 1. Banyak pihak yang membantu untuk meraih prestasi. Mulai dari ibu, ayah angkatnya yang mengenalkannya dengan olahraga tolak peluru, hingga sang guru olahraga di SMP.

Berkat kegigihan Parni dalam berlatih. Sejumlah prestasi pun sudah ditorehkannya baik itu di level nasional dan internasional. Terkini, sebelum meraih emas Asian Para Games, Parni sukses merebut medali emas ASEAN Para Games 2017 di Malaysia.
 

Baca juga: Asian Para Games: Raih Emas, Suparniyati Masih Kecewa


Sesuai dengan janji pemerintah, Parni kini bisa tersenyum dan optimistis menatap masa depannya. Musababnya, ia tak hanya akan menerima bonus sebesar Rp1,5 miliar, tapi juga mendapat jaminan sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Terkait uang bonus dari pemerintah, Parni mengaku sudah punya rencana, yakni membangun rumah untuk sang ibu. 

"Sebetulnya di Riau sudah punya rumah. Tapi, itu milik Bapak yang saat ini sudah meninggal. Saya ingin mama punya rumah dari Parni," pungkas Parni yang jarang pulang karena sibuk berlatih.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Suparniyati Persembahkan Medali Emas untuk Sang Ibu




(ACF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id