Tour de Singkarak 2018

Keindahan Danau Singkarak Hiasi Etape 3 TdS 2018

Kautsar Halim 06 November 2018 12:59 WIB
tour de singkarak
Keindahan Danau Singkarak Hiasi Etape 3 TdS 2018
Para stakeholder sebelum melepas para pembalap memulai start etape 3 (Foto: Kautsar Halim/Medcom.id)
Solok: Tour de Singkarak 2018 memasuki etape 3 pada Selasa 6 November pukul 10.00 WIB. Startnya berlangsung di tepi Danau Singkarak, Solok Selatan, untuk kemudian finis di Istano Baso Pagaruyung, Tanah Datar. Rute yang ditempuh para pembalap mencapai 150,4 kilometer.

Berbagai kesenian daerah terasa kental mengiringi proses start etape 3. Mulai dari pertunjukan Lukah Gilo yang berbau mistis, tarian tradisional, dan nyanyian khas Minang terpantau menawan di sana. Penduduk lokal dan pejabat daerah juga tak ketinggalan ikut meramaikan acara.

Di belakang panggung hiburan, terbentang keindahan Danau Singkarak yang merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. Luasnya mencapai 107,8 km² dan dikelilingi bukit hijau nan perkasa. Cuaca sejuk pagi dan sisa-sisa kabut menambah damai suasana.



Danau Singkarak (Foto: Kautsar/Medcom.id)

“Tour de Singkarak tahun ini melewati Kabupaten Solok sebanyak tiga kali. Dari sekian banyak etape. Lokasi terbaik ada di Kabupaten Solok, yakni di dermaga Singkarak," kata Bupati Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Gusmal, saat menyampaikan kata sambutan.

"Lantaran memiliki Keindahan danau yang luar biasa, nama Singkarak disematkan sebagai event berkelas Internasional ini,” tambahnya.

Setelah bendera start diangkat, para pembalap langsung beradu cepat menuju Istano Baso Pagaruyung, Tanah Datar. Mereka akan menemui berbagai keindahan panorama yang tak kalah hebat saat melintasi Saniang Baka, Batu Taba, Simpang Kubu Karambia, Simabur serta Pasar Batusangkar.


Para pembalap menjalani balapan Tour de Singkarak etape 3 (Foto: Kautsar/Medcom.id)

Etape 3 hanya diikuti 95 pembalap karena setidaknya ada sembilan peserta yang dinyatakan gugur karena berbagai alasan. Situasi ini tentu menambah sengit persaingan karena hanya yang terkuat saja yang mampu bertahan.

Meski dibalut keindahan alam, etape 3 tetap menyuguhkan tantangan menarik bagi para peserta. Beberapa di antaranya dengan dua titik King Of Mountain/tanjakan besar di kawasan Malalo dan Batipuh, serta Tiga titik sprint yang masing-masing berada di Malalo, Batipuh dan Pagaruyung.

Eko Yuli Irawan Sukses Pecahkan Dua Rekor Dunia




(FIR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id