TransJakarta Siap Kawal Asian Games 2018
Pernak-pernik Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang menghiasi bus dan halte TransJakarta (MI/Bary Fathahilah)
Jakarta: PT Transjakarta siap mengawal suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dari segi transportasi. Terlebih, kurang dari dua bulan, Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia yang digelar 18 Agustus-2 September.

Demi membantu kelancaran saat gelaran Asian Games 2018, terutama di DKI Jakarta, beberapa poin pelayanan pun telah disiapkan. Mulai dari fasilitas antar-jemput atlet, hingga fasilitas paket wisata keliling Ibu Kota.

"Untuk menyukseskan Asian Games sebenarnya kami ada lima poin layanan," ujar Kepala Humas TransJakarta Wibowo saat dihubungi Medcom.id, Senin, 25 Juni 2018.


Lima poin maksud pria yang karib disapa Bowo itu adalah antar-jemput atlet dari wisma atlet Kemayoran ke Gelora Bung Karno Senayan dan sebaliknya. Menyiapkan paket wisata bagi para atlet dan ofisial yang ingin berwisata, serta layanan khusus untuk turis mancanegara.

Klik: Jokowi Tinjau Venue Asian Games


Poin keempat yaitu menambah shuttle untuk masyarakat yang akan menonton pertandingan Asian Games. Serta poin terakhir yakni peningkatan layanan operasional.

TransJakarta memang ditunjuk Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menjadi kendaraan operasional atlet di Jakarta. Bahkan, INASGOC pun akan menggunakan koridor satu jalur busway jurusan Terminal Blok M-Stasiun Jakarta Kota sebagai jalur khusus Asian Games (Asian Games line).

"Kalau GBK pasti koridor satu (yang dipakai), karena kan halte GBK di situ (lajur koridor satu)," ungkap Wibowo.

Jalur tersebut bertujuan untuk mempercepat akses bus pengangkut kontingen ke venue pertandingan dan sebaliknya. Pasalnya, INASGOC menargetkan waktu tempuh dari wisma Atlet ke GBK tidak lebih dari 35 menit.

"Sudah kami lakukan uji coba bersama. Jadi dari wisma atlet ke GBK itu tidak boleh dari 35 menit. Sudah dilakukan, hasilnya memang di bawah 35 menit, kira-kira 30-32 menit. Cuma ini kan masih dikoordinasikan lagi. Misalnya karena lewat jalan tol, pintu tol-nya bagaimana. Kalau dibuka kan akan mempercepat akses," terang Wibowo. 

"Kita sudah lakukan uji coba, dan memang kurang dari 35 menit. Pasti kita akan uji coba lagi, nanti kita libatkan kepolisian, Dinas Perhubungan, dan operator jalan tol," pungkasnya.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan menyediakan sekitar 1.500 armada transportasi berbasis Bus Rapid Transit (BRT) tersebut pada gelaran Asian Games 2018. 

"Kami siapkan 1.500 bus dedicated untuk Asian Games," tutur Anies dalam pernyataannya bulan lalu di Jakarta.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360