Ratu Senam Amerika Serikat, Simone Biles. AFP/Lionel BONAVENTURE
Ratu Senam Amerika Serikat, Simone Biles. AFP/Lionel BONAVENTURE

Soal Kasus Pelecehan Seksual Atlet, Simone Biles Siap Bongkar Borok Tim Senam AS

Olahraga atletik pelecehan seksual Olimpiade 2020
Adri Prima • 14 September 2021 16:53
Jakarta: Pesenam Amerika Serikat, Simone Biles siap memberikan kesaksian di depan panel Senat Amerika Serikat (AS), pekan ini, untuk menyoroti bagaimana lambannya FBI menangani laporan pelecehan seksual yang dilakukan mantan dokter tim senam AS Larry Nassar.
 
Selain Biles, sejumlah nama besar di senam AS yang akan hadir antara lain McKayla Maroney, Magggie Nichols, dan Aly Raisman. Keempat atlet putri itu merupakan sekian dari banyaknya korban pelecehan seksual dengan modus pemeriksaan medis rutin oleh Larry, dokter internal USA Gymnastics. 
 
Sidang yang dijadwalkan Rabu, 15 September 2021 digelar setelah Inspektur Jenderal Kementerian Hukum Michael Horowitz, Juli lalu, mengeluarkan laporan sebanyak 119 halaman yang menyebut kantor FBI di Indianapolis gagal merespon tuduhan terhadap Nassar dengan keseriusan dan urgensi tertinggi yang pantas dan dibutuhkan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyelidikan dimulai pada 2015 dan sejumlah langkah yang salah telah diambil seperti harus menunggu lima pekan untuk melakukan wawancara telefon dengan salah satu atlet yang menjadi korban pada September. Laporan itu juga menyebut biro investigasi federal itu gagal mewawancarai beberapa korban lainnya. 
 
Dalam laporan itu, disebutkan adanya pelecehan seksual yang terus terjadi selama beberapa bulan. Horowitz juga dijadwalkan untuk bersaksi tentang temuan laporan tersebut saat sidang nanti, bersama direktur FBI Chris Wray. 

Simone Biles mundur dari Olimpiade Tokyo


Sebagai bentuk kekecewaan Biles terhadap kasus pelecehan yang terjadi, peraih medali emas empat kali di Olimpiade Rio 2016 tersebut bahkan memutuskan mundur dari di final olahraga senam Olimpiade Tokyo beberapa waktu lalu. 
 
Atlet yang berjuluk ratu senam itu juga menarik diri dari semua kompetisi, termasuk nomor individual. Padahal dirinya merupakan unggulan pertama untuk membawa pulang emas. 
 
Saat itu, Biles beralasan dirinya ingin fokus pada kesehatan mentalnya. "Saya harus fokus pada kesehatan mental tanpa mengancam kesehatan dan kesejahteraan saya," kata Biles.
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif