Momen para atlet menerima bonus SEA Games 2019 (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)
Momen para atlet menerima bonus SEA Games 2019 (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Peraih Medali SEA Games 2019 Dapat Bonus Dua Kali Lipat dari Pemerintah

Olahraga olahraga kemenpora SEA Games 2019 Filipina
Patrick Pinaria • 13 Desember 2019 00:00
Jakarta: Pemerintah Indonesia akhirnya mengucurkan bonus kepada atlet-atlet Tanah Air yang sukses meraih medali di SEA Games 2019. Tak tanggung-tanggung, mereka memberikan bonus dua kali lipat untuk para peraih medali.
 
Bonus tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam acara yang diselenggarakan di Grand Sahid Jaya, Kamis 12 Desember malam hari WIB.
 
"Saya menyampaikan berdasarkan arahan presiden, peraih medali emas perorangan akan diberi apresiasi Rp500 juta, peraih perak Rp300 juta, dan perunggu Rp150 juta," ujar Zainudin.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya kira kita harus berterima kasih pada pemerintah, karena dari Kemenpora yang disediakan sebelumnya tidak segitu, tapi dari presiden, akhirnya dinaikkan," lanjutnya.
 
Jumlah bonus tersebut naik dua kali lipat dari semula yang ditentukan pihak Kemenpora. Zainudin pun mengaku kenaikan jumlah bonus tersebut dilakukan atas dasar arahan Presiden Joko Widodo.
 
Jika mengacu pada SK nomor 64 tahun 2019 terkait bonus para atlet, Kemenpora punya rincian bonus, di antaranya adalah Rp200 juta untuk peraih medali emas perorangan, Rp100 juta untuk peraih medali perak, dan Rp60 juta peraih medali perunggu.
 
Kenaikan jumlah bonus tidak hanya dirasakan untuk atlet perorangan. Tetapi, juga untuk atlet ganda dan beregu.
 
Khusus atlet ganda. Peraih medali emas akan diberikan bonus sebesar Rp160 juta, peraih medali perak akan diberi Rp80 juta, dan peraih medali perunggu akan diberikan Rp48 juta. Namun, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, rincian bonus yang diterima para peraih medali, di antaranya Rp400 juta (emas), Rp240 juta (perak), dan Rp120 juta (perunggu).
 
Sedangkan rincian bonus untuk atlet beregu awalnya dijanjikan bonus sebesar Rp100 juta untuk medali emas, Rp50 juta untuk medali perak, dan Rp35 juta untuk medali perunggu. Kini, rincian bonus itu menjadi Rp350 juta untuk emas, Rp210 juta untuk perak, dan Rp105 juta untuk perunggu.
 
Guyuran bonus yang didapat ini tak lepas dari keberhasilan kontingen Indonesia yang meraup banyak prestasi di SEA Games 2019. Pada pesta olahraga bergengsi di Asia Tenggara itu, kontingen Merah Putih mampu meraih 72 medali emas.
 
Perolehan medali emas itu melampaui target yang diberikan Presiden Jokowi kepada kontingen Indonesia. Sebelumnya, mereka ditargetkan untuk mencapai 60 medali emas.
 

Berikut rincian bonus diberikan pemerintah untuk atlet beserta pelatih dan asisten pelatih yang sukses meraih medali di SEA Games 2019:
 
Peraih Medali SEA Games 2019 Dapat Bonus Dua Kali Lipat dari Pemerintah
 
Peraih Medali SEA Games 2019 Dapat Bonus Dua Kali Lipat dari Pemerintah
 

Video: Begini Tampilan Desain Baru Stadion Mattoanging Makassar
 

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif