Ilustrasi by medcom.id
Ilustrasi by medcom.id

Postur Tubuh Ideal Saat Bersepeda

Olahraga medcom.id
Alfa Mandalika • 10 November 2020 16:30
Jakarta: Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan untuk meningkatkan kesehatan. Sebab olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan otot, menyehatkan tulang dan membentuk tubuh ideal.
 
Hanya saja, ada aturan dalam melakukan olahraga ini. Anda harus mengatur keseimbangan dan postur tubuh yang paling benar.
 
Hal ini dilakukan agar tubuh tidak mengalami sakit selama sesi bersepeda dan menikmati perjalanan Anda sepenuhnya. Jadi, jika Anda berniat memasukkan kegiatan bersepeda dalam jadwal harian Anda, maka ketahui dasar-dasar posisi tubuh berikut ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Posisi bahu netral
Saat mengendarai sepeda, periksa posisi bahu Anda. Turunkan bahu Anda dalam posisi santai. Kedua bahu Anda harus berada jauh dari telinga. Hal ini untuk menghindari bahu menjadi kaku ketika meningkatkan kecepatan.
 
Selain itu, dengan menurunkan bahu, Anda akan bisa menggerakkan kepala dengan lebih baik. Ini akan membantu Anda tetap waspada.
 
2. Tekukan siku
Anda harus menekukkan siku saat mengendarai sepeda. Tangan Anda harus dalam posisi santai dan siku Anda harus menekuk dan bertindak sebagai suspensi. Membungkukkan siku Anda akan mengurangi ketegangan di bahu serta mengurangi tekanan pada tangan Anda.
 
3. Jangan menekuk pergelangan tangan
Pastikan Anda tidak menekuk pergelangan tangan saat mengendarai sepeda. Posisi tangan dari siku hingga jari-jari pada rem harus dalam garis lurus. Jika Anda merasa sulit untuk membentuk posisi ini, maka mungkin ada yang salah dengan pengaturan kemudi sepeda Anda.
 
4. Tulang belakang lurus
Punggung Anda harus rileks dan tulang belakang harus dalam posisi netral. Jangan membungkuk dalam posisi mengendarai karena dapat menekan tangan dan bahu. Posisikan pinggul dan bahu Anda dalam keadaan tegak lurus.
 
5. Lutut harus sejajar dengan pedal
Lutut Anda harus berada tepat di atas kaki atau pedal. Jika lutut Anda condong ke luar, maka itu bisa menyebabkan sakit pada lutut dan kaki Anda.
 
Sementara itu, jelang Hari Ulang Tahun Ketiga news video portal Medcom.id dengan tema "Terus Memberi Arti", Medcom.id akan menyelenggarakan acara Virtual Funbike for EDU yang pendaftarannya sudah dibuka pada Jumat, 30 Oktober 2020. Gowes bareng akan dilaksanakan serentak pada 28 November 2020 bertepatan dengan ulang tahun ketiga Medcom.id.
 
Melalui Virtual Funbike for EDU, Medcom.id tidak hanya mengajak masyarakat untuk gowes sehat dan menyenangkan, tetapi juga mengajak untuk peduli bersama pada nasib guru-guru honorer di Indonesia. Mengusung semangat “Gowes Seru Peduli Guru”, Medcom Virtual Fun Bike diadakan sebagai wujud dedikasi Medcom.id pada dunia Pendidikan di Indonesia.
 
Masyarakat dapat langsung mendaftar di medcom.id/virtualfunbike dan memilih kategori gowes, diantaranya kategori family 10KM dan kategori personal 20KM. Pendaftaran dikenakan biaya sebesar Rp 100.000-, (seratus ribu rupiah) sudah termasuk E-BIB, E-Certificate, 1 pcs jersey, dan donasi pendidikan.

 
(ASM)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif