Atlet panjat tebing putri Indonesia, Aries Susanti Rahayu (Antara/Waspodo)
Atlet panjat tebing putri Indonesia, Aries Susanti Rahayu (Antara/Waspodo)

Dua Atlet Panjat Tebing Duduki Peringkat Tiga Dunia Nomor Kecepatan

Olahraga panjat tebing
Ahmad Mustaqim • 26 Oktober 2019 00:13
Yogyakarta: Dua atlet panjat tebing Indonesia, Alfian M. Fajri dan Aries Susanti Rahayu masuk ke peringkat tiga dunia untuk nomor kecepatan kecepatan putra dan putri. Capaian ini diketahui berdasarkan keikutsertaan atlet dalam kejuaraan dunia IFSC Climbing World Cup selama tahun 2019 dan prestasi di setiap pertandingan. Adapun setiap tahunnya ada delapan seri IFSC World Cup yang digelar di berbagai negara.
 
Dalam keterangan pers dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), peringkat pertama ditempati atlet Cina, Yi Ling Song (460 poin). Lalu, peringkat kedua diisi atlet Prancis, Anouck Jaubert (355 poin). Aries yang di peringkat ketiga mengumpulkan poin 333. Selama tahun 2019, Aries mengikuti 6 dari 8 seri kejuaraan dunia.
 
'Spiderwoman' Indonesia ini tiga kali masuk final dan dua kali pulang membawa medali, yakni medali perak pada IFSC World Cup Chongqing 26 April, dan medali emas pada IFSC World Cup Xiamen 19 Oktober. Bahkan, di Xiamen Aries berhasil mewujudkan mimpinya memecahkan rekor dunia panjat speed putri dengan kecepatan 6,995 detik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada nomor speed world record putra, peringkat pertama diduduki atlet asal Prancis, Bassa Mawem (329 poin). Adapun peringkat kedua diduduki atlet Rusia, Vladislav Deulin (312) dan peringkat ketiga ditempati Alfian M Fajri (286).
 
Alfian selama 2019 mengikuti enam dari delapan seri kejuaraan dunia. Ia dua kali meraih gelar juara dunia, yakni di IFSC World Cup Chongqing, China (26 April) dan IFSC World Cup Chamonix, Prancis (11 Juli).
 
Untuk kategori negara, Indonesia menduduki ranking empat dunia di nomor speed world record dengan jumlah poin 979. Peringkat perrama hingga ketiga berturut-turut diduduki oleh Rusia (1637 poin), Cina (1375 poin), dan Prancis (1004 poin).
 
Aries sangat bersyukur dengan capaian itu. Perempuan kelahiran Grobogan, Jawa Tengah ini harus segera kembali berlatih keras.
 
Setibanya di Indonesia Aries dan kolega sudah harus mengikuti program latihan. Salah satu yang dipersiapkan yakni untuk kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 yang dilaksanakan di Toulouse, Perancis 28 November - 1 Desember 2019.
 
"Pulang (dari Cina) saya dan tim akan kembali berlatih untuk menghadapi kualifikasi olimpiade Tokyo di Perancis," ujar Aries lewat keterangan pers FPTI, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Indonesia juga akan menjadi tuan rumah even panjat tebing tingkat Asia pada 6-10 November 2019. Kejuaraan ini akan dihelat di Stadion Pakansari, Bogor.
 
Pelatih Kepala Tim Nasional Panjat Tebing, Hendra Basir mengatakan, kejuaraan yang diikuti anak asuhnya jadi penegasan syarat Indonesia masuk 20 besar pada ajang pra kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.
 
"Prestasi di sini (kejuaraan) akan menjadi modal penting bagi kami melangkah untuk sukses saat Olimpiade nanti," pungkasnya.
 
Video: Inilah 10 Stadion Indonesia Untuk Piala Dunia U-20 2021
 

 

(GRG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif