Asian Para Games 2018: Para Boling

Elsa Maris Persembahkan Emas Keenam untuk Indonesia

Kautsar Halim 09 Oktober 2018 16:22 WIB
Asian Para Games
Elsa Maris Persembahkan Emas Keenam untuk Indonesia
Atlet para boling Indonesia Maris Elsa sukses meraih medali emas (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)
Jakarta: Kontingen Indonesia berhasil menambah koleksi medali emas pada hari keempat penyelenggaraan Asian Para Games 2018, Selasa 9 Oktober. Prestasi itu dipersembahkan Elsa Maris lewat cabang olahraga tenpin boling nomor tunggal putri TPB4.

Elsa menjadi yang terbaik dengan mengumpulkan total 1.186 poin. Torehan itu tidak mampu dikejar oleh Diane Neo Pei Lin (Singapura) yang meraih perak dan Kim Yuna (Korea Selatan) yang menyabet perunggu.

Bukan tugas mudah bagi Elsa ketika merebut gelar juara di venue Bowling Center Ancol, Jakarta Utara. Sebab, ia sempat tertinggal dari wakil Singapura hingga 11 pin pada game pertama.


Baca: David Jacobs Pastikan Medali Emas 

Hazadda yang merupakan ibu kandung Elsa tak berhenti memberikan dukungan di tempat pertandingan. Alhasil, Elsa mampu bangkit dan selalu unggul pada game berikutnya.

"Gim Pertama agak deg-degan. Soalnya sempat tertinggal dari Singapura. Tapi, saya suruh Elsa untuk melihat ke depan dan tampil lebih fokus lagi," kata Hazadda seusai pertandingan.

Elsa termasuk dalam kategori disabilitas TPB4 yang artinya tunagrahita. Selain intelejensi terganggu, Elsa juga mengalami gangguan pendengaran. Kendati demikian, kekurangan itu tidak dijadikan Elsa sebagai hambatan untuk mengharumkan nama bangsa.

Waluyo selaku pelatih tim para-bowling Indonesia turut semringah dengan pencapaian Elsa. Ia bahkan menjelaskan Elsa tampil sangat bagus dan sudah melewati pencapaian terbaiknya ketika mengikuti try out di ajang Para World Tour 2018 di Malaysia pada Juli lalu.

Baca: Para Atletik Tambah Pundi Medali Indonesia

"Hari ini benar-benar permainan terbaik Elsa. Kemudian, dia memang satu-satunya harapan kami untuk menyelesaikan target menyabet satu emas. Saya berharap, Elsa tetap giat berlatih dan bisa mempertahankan medali emas ini untuk event-event yang akan datang," kata Waluyo pada waktu yang berbeda.

Kontribusi Elsa membuat koleksi emas Indonesia menjadi enam keping pada klasemen sementara raihan medali Asian Para Games 2018. Meski begitu, Indonesia masih bertengger di urutan keenam atau kalah dari Tiongkok, Korea Selatan, Uzbekistan, Jepang dan Iran.


Video: Tambahan Empat Medali dari Cabang Para Atletik

 



(PAT)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id