Acara Community & Media Gathering Palembang Triathlon 2020 (Ist)
Acara Community & Media Gathering Palembang Triathlon 2020 (Ist)

Palembang Triathlon 2020 Targetkan 500 Peserta

Olahraga olahraga
Rendy Renuki H • 07 Februari 2020 08:29
Jakarta: Palembang Triathlon 2020 akan segera memulai perlombaan pada 22-23 Februari di Palembang Sport City Jakabaring. Ajang triathlon yang menjadi pembuka Indonesia Triathlon Series (ITS) itu menargetkan diikuti 500 peserta.
 
Jumlah tersebut terbuka untuk atlet elite, militer, hingga perorangan dan komunitas triathlon. 500 peserta itu bisa mendaftar di beberapa kategori lomba yang ditawarkan.
 
"Untuk peserta memang kita membatasi sampai 500, dari daya dukung lingkungan tempat penyelenggaraannya. Karena kalau peserta melebihi 500, untuk akses penutupan jalannya akan sulit," kata Teuku Arlan Lukman, Executive Committee NOC, pada acara Community & Media Gathering di FX Sudirman, Kamis 6 Februari.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, Ketua Pelaksana Palembang Triathlon 2020, Ahmad Wazir Noviadi mengatakan peserta bisa memilih beberapa kategori lomba yang ditawarkan.
 
"Pemula berusia 14-16 tahun masuk kategori Youth, tetapi kalau lebih dari 16 tahun masuk ke Age Group dengan pengelompokan umur 17-23, 24-29 dan seterusnya sampai 60 tahun ke atas," terang Noviadi.
 
bagi peserta komunitas kategori Age Group yang belum mau menjalani renang, sepeda dan lari secara individual atau ingin melakukan bersama teman-teman, bisa mengikuti relay. Namun khusus untuk kategori Youth hanya tersedia untuk individual.
 
"Jadi Palembang Triathlon 2020 memang benar-benar terbuka untuk semua kategori," ujarnya.
 
Para peserta komunitas kategori Age Group, baik individual atau relay, bisa memilih jarak Sprint Distance (renang 750 m, sepeda 20 km dan lari 5 km) atau Standard Distance (renang 1.500 m, sepeda 44 km dan lari 10 km). Sementara untuk Youth Distance, peserta individual harus berenang 300 m, sepeda 10 km dan lari 3 km.
 
Selain kategori Youth dan Age Group, Palembang Triathlon juga ada kategori Elite untuk para atlet elite dan Military untuk para anggota TNI dan Polri. Bedanya, peserta Elite dan Military bertanding melalui undangan.
 
"Di luar itu, calon peserta Palembang Triathlon termasuk komunitas, bisa mendaftarkan diri langsung via website resmi kami. Pendaftaran juga masih dibuka dan kuota kami cuma sampai 500. Jadi jangan sampai ketinggalan," kata dia.
 
Noviadi menjelaskan, dipertandingkannya kategori-kategori baru ini karena Palembang Triathlon 2020 masuk dalam rangkaian Indonesia Triathlon Series (ITS), konsep seri triathlon pertama di Indonesia yang menggunakan sistem poin (point system).
 
"Jadi baik atlet maupun peserta dari komunitas nanti bisa melihat berapa poin mereka masing-masing untuk renang, sepeda dan lari, termasuk personal best juga akan tercatat. Sehabis race, mereka juga bisa melihat peringkat berapa dari seluruh peserta," paparnya.
 
Noviadi menjelaskan sistem poin ini juga akan digunakan untuk 5 triathlon ITS lainnya yang digelar tahun ini, yakni Jakarta City Triathlon (Juni), Bandung City Triathlon (Agustus), Belitung Triathlon (September), Mandalika Triathlon (Oktober) dan Pariaman Triathlon (November).
 
"Jadi kalau poin di Palembang Triathlon dirasa kurang memuaskan, jangan khawatir masih ada 5 race ITS lainnya untuk memperbaiki," kata Noviadi yang juga akan bertanding pada Palembang Triathlon 2020.
 
Untuk diketahui, para peserta akan berenang di Danau Jakabaring, bersepeda melintasi Jembatan Ampera (khusus hari kedua) dan berlari mengitari Jakabaring. Kejuaraan ini juga akan diramaikan oleh sejumlah atlet nasional, seperti Jauhari Johan, triathlete asal Palembang peraih medali emas di SEA Games 2019.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif