PON Papua (PB PON)
PON Papua (PB PON)

Kaleidoskop 2021

Kaleidoskop Olahraga 2021: 90 Rekor Terpecahkan dan Jawa Barat Pertahankan Juara Umum

Olahraga PON XX Papua Kaleidoskop 2021
Gregorius Gelino • 31 Desember 2021 09:00
Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua yang sejatinya digelar pada 2020 terpaksa diundur setahun akibat pandemi covid-19. Tapi, ajang olahraga nasional terbesar itu sukses digelar pada 2021.
 
PON Papua dibuka dengan persembahan lagu dari Edo Kondologit, Michael Jakarimilena, dan Nowela Elizabeth yang menyanyikan lagu "Tanah Papua" ciptaan Yance Rumbino.
 
Sederet artis ibu kota juga mempersembahkan sejumlah lagu. Ruth Sahanaya dan Tulus, misalnya, menyanyikan lagu "Rumah Kita" ciptaan Ian Antono.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu, lagu "Torang Bisa" yang menjadi tema PON Papua diiringi dengan tarian kontemporer oleh ratusan penari. Setelahnya, perayaan kembang api dilakukan untuk menutup upacara pembukaan.
 
Tak hanya itu, PON Papua juga menggunakan sejumlah venue baru. Di antaranya adalah arena Akuatik dan Istora Papua Bangkit, arena Cricket dan Lapangan Hoki Indoor dan Outdoor.
 
PON Papua juga memecahkan 90 rekor. Sebanyak 28 rekor cabang olahraga akuatik dipecahkan di PON Papua.
 
Selain itu, 20 rekor di cabor Angkat Berat terpecahkan, kemudian 17 rekor pecah di cabor Angkat Besi. Kemudian, 15 rekor pecah di cabor Atletik, dan 5 rekor pecah di cabor Selam, Akuatik, dan Menembak.
 
Jawa Barat mempertahankan status sebagai juara umum setelah meraih 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu. DKI Jakarta menyusul di posisi kedua, dan Jawa Timur melengkapi tiga besar.
 
(ASM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif