Patung Cristiano Ronaldo di Goa, India. Twitter @MichaelLobo76
Patung Cristiano Ronaldo di Goa, India. Twitter @MichaelLobo76

Ada Patung Cristiano Ronaldo di India, Warga Lokal Protes

Olahraga soccertainment cristiano ronaldo sepak bola India
Sri Yanti Nainggolan • 30 Desember 2021 15:44
Jakarta: Sebuah patung baru superstar sepak bola Cristiano Ronaldo yang terpampang di negara bagian Goa, India, memicu kontroversi. Penduduk lokal menilai lebih baik patung pesepakbola lokal yang dibuat. 
 
Michael Lobo, seorang menteri di pemerintah negara bagian Goa, menyebutkan patung itu bertujuan untuk mempromosikan sepak bola sebagai olahraga dan untuk menginspirasi kaum muda.
 
"Ketika orang berbicara tentang sepak bola, mereka berbicara tentang Cristiano Ronaldo. Jadi kami memasang patung ini di sini sehingga anak laki-laki dan perempuan di usia yang sangat, sangat muda untuk mendapatkan inspirasi, mereka merasa terinspirasi dan cinta dan gairah untuk permainan ini akan tumbuh," ucap Lobo, dikutip dari Aljazeera, Kamis, 30 Desember 2021. 
 
Sehari setelah peresmian patung seberat 400 kilogram tersebut, warga lokal yang tak senang dengan ide tersebut berunjuk rasa. Mereka membawa bendera hitam ke lokasi patung berdiri. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Unjuk rasa itu tak hanya memprotes pandangan bahwa pemain bola asing lebih dihormati daripada pemain bola lokal. Namun karena negara asal Cristiano Ronaldo, Portugal, adalah negara yang menjajah Goa selama berabad-abad. Portugal meninggalkan Goa 60 tahun yang lalu. 
 
Lobo menilai unjuk rasa tersebut karena para pendemo tak senang dengan sepak bola. 
 
Baca: Kedatangan Ronaldo Hapus DNA Juventus

Cristiano Ronaldo tak berkomentar

Cristiano Ronaldo belum berkomentar secara terbuka tentang patung di Goa. Pada tahun 2017, ada kontroversi lain ketika patung striker itu diejek secara luas dan akhirnya diganti di bandara di pulau Madeira Portugis.
 
Sementara,  kriket tetap menjadi olahraga paling populer di India secara keseluruhan. Sepak bola lebih populer di beberapa area saja, seperti Goa.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif