Suasana pelepasan tim balap sepeda Indonesia ke SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Suasana pelepasan tim balap sepeda Indonesia ke SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

SEA Games 2019: Berharap Kejutan Timnas Balap Sepeda Road Race

Olahraga SEA Games 2019 Filipina
Kautsar Halim • 26 November 2019 20:29
Jakarta: Tim balap sepeda Indonesia disiplin road race diharapkan membuat kejutan di ajang SEA Games 2019 Filipina. Mereka dituntut mampu berprestasi meski tidak ditarget medali emas.
 
"Persiapan sudah dilakukan dengan baik. Ujicoba juga sudah dilakukan. Dan peak-nya pada SEA Games nanti," kata pelatih timnas balap sepeda Indonesia, Dadang Harris Poernomo, saaat pelepasan timnya di Jakarta, Selasa (26/11/2019).
 
Pada disiplin road race, Indonesia mengirimkan pembalap putra dan putri. Untuk putra yang bakal turun di ITT adalah Aiman Cahyadi. Pebalap PRCT itu juga akan turun di nomor TTT bersama Robin Manullang, Muhammad Abdulrohman dan Odie Setiawan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aiman juga akan turun di nomor individual road race bersama Muhammad Abdurrohman, Sandy Nur Hasan,Odie Setiawan, Robin Manullang dan Jamalidin Novardianto. Sedangkan untuk putri, hanya Ayustina Delia Priatna yang turun di ITT dan individual road race.
 
Dadang menyadari persaingan bakal ketat dan kondisi lintasan pun berbeda dengan disiplin lain. Untuk individual roadrace sering terjadi banyak dinamika, apalagi tuan rumah bakal mengejar hasil terbaik.
 
"Di road race itu butuh kerja sama. Makanya yang diturunkan itu ada yang sprinter maupun climber. Dinamika di jalan juga berubah-ubah. Makanya dibutuhkan kerjasama tim yang
baik. Beruntung pebalap kita cukup berpengalaman," kata Dadang.
 
"Semoga road race bisa bikin kejutan, meski tuan rumah Filipina, Thailand, Malaysia maupun Vietnam bakal tidak tinggal diam," tambah mantan atlet BMX nasional itu.
 
Timnas balap sepeda secara keseluruhan, menargetkan tiga medali emas di SEA Games 2019. Target itu berbeda dengan NOC yang optimistis meraih dua emas
 
"Target NOC dua emas, satu perak, satu perunggu. Tapi target PB ISSI ternyata lebih tinggi, yakni tiga emas, satu perak dan satu perunggu," tutur Ketua NOC Indonesia yang juga Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Raja Sapta Oktohari.
 
Berdasar keteranganpelatih timnas balap sepeda Indonesia, Dadang Harris Poernomo, peluang emas berpotensi datang dari disiplin MTB,cross country, downhill dan BMX. (ANT)
 

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif