Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen. (Foto: MI/Marcel Kelen)
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen. (Foto: MI/Marcel Kelen)

Pemprov Papua: Kesiapan Fisik untuk PON 2020 Sudah 60 Persen

Olahraga tuan rumah pon 2020 pon 2020
Alfa Mandalika • 09 Januari 2019 09:57

Persiapan fisik PON Papua pada 2020 sudah memasuki tahap 60 persen. Pada akhir tahun ini, akumulasi persentase pembangunan fisik untuk PON semakin jelas.

Jayapura: Pemerintah Provinsi Papua mengklaim kesiapan fisik dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih telah mencapai 60 persen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen mengatakan, pihaknya akan melihat akumulasi presentasenya secara jelas pada akhir 2019.
  
"Sudah ada instruksi juga terkait dengan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 Provinsi Papua akan difokuskan pada pelaksanaan PON XX 2020," kata Hery dilansir Antara.

Menurut Hery, meskipun APBD 2019 akan fokus pada PON XX di 2020, namun kegiatan-kegiatan rutinitas yang terakomodir pada OPD-OPD dan tidak secara langsung bersentuhan dengan PON tetap jalan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Namun, tidak dapat dipungkiri, memang ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang anggarannya besar seperti Dispora, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Kesehatan dan rumah sakit daerah serta Dinas Perhubungan," sambungnya.

Baca: ATC Dibuka dengan Tari Saman

Sebelumnya, Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pusat terus mengingatkan Provinsi Papua mengenai persiapan pelaksanaan PON XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih.
  
Wakil Ketua Umum KONI Pusat Suwarno mengatakan, pada 2016-2017 Pemprov Papua sudah melakukan langkah perencanaan untuk penyiapan tempat pertandingan atau venue yang rencananya mayoritas adalah di kota dan Kabupaten Jayapura, di Wamena, Timika, Biak dan Merauke. Selanjutnya, dari anggaran APBD sendiri, Papua akan merencanakan 2018 adalah tahun pembangunan dan sebagian akan melaksanakan rehabilitasi sehingga diharapkan seperti lapangan tembak kemudian panahan dan beberapa pembangunan seperti lapangan voli, tenis dan lainnya akan dikerjakan pada tahun tersebut.
   
"Mudah-mudahan semua perencanaan ini akan sinkron dan sejalan dengan yang direncanakan sehingga 2019 tinggal rehab-rehab yang kurang," katanya. (Ant)

Video: PBSI akan Tingkatkan Fasilitas Pelatnas


(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi