Asian Games 2018

Pabrik Boneka Maskot Asian Games 2018 Ada di Malang

Daviq Umar Al Faruq 11 Agustus 2018 14:48 WIB
asian games 2018DutaSuporterID
Pabrik Boneka Maskot Asian Games 2018 Ada di Malang
Boneka Maskot Asian Games. (Foto: medcom.id/Daviq Umar)
Malang: Ribuan boneka maskot Asian Games 2018 telah diperjualbelikan di sejumlah toko di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan beberapa boneka juga tampak terpasang di Istana Negara. 

Namun, siapa sangka, boneka-boneka tersebut ternyata diproduksi di sebuah pabrik boneka di Jalan Gotong Royong, Kota Malang, Jawa Timur. Pabrik boneka tersebut bernama Istana Boneka.

Pemilik Istana Boneka, Susan Soewono mengaku mulai mengerjakan boneka maskot Asian Games ini sejak April lalu. Hingga kini, boneka hasil produksinya telah tersebar di lebih dari 40 outlet di seluruh Indonesia.


"Awalnya kami menerima style guide dari panitia Asian Games lalu kami proses design nya ke bentuk 3D. Setelah design dari kami disetujui, baru kami produksi menjadi boneka," kata Susan, Sabtu 11 Agustus 2018.

Sebanyak 300 pekerja biasa memproduksi sekitar 3.000 boneka maskot setiap harinya. Rencananya, produksi boneka akan dihentikan pada 20 Agustus mendatang. Gelaran Asian Games dimulai pada 18 Agustus.

Baca: Api Obor Asian Games 2018 Tiba di Bandung


Hingga saat ini pun, Istana Boneka telah memproduksi boneka maskot tersebut dalam berbagai bentuk. Mulai dari boneka ukuran besar, sedang, bulat, hingga gantungan kunci, tas, serta bando.

"Ada puluhan jenis boneka maskot yang sudah kami buat. Boneka-boneka tersebut kemudian kami distribusikan ke PT Madona sebagai pemegang lisensi resmi. Sekitar 3.000 boneka maskot dikirim setiap harinya," bebernya.

Seperti diketahui, ada tiga nama maskot Asian Games, yakni Kaka, Atung dan Bhin Bhin. Mereka merupakan representatif hewan-hewan khas Indonesia yang melambangkan kekuatan para atlet.

Maskot Burung Cenderawasih asal Papua dipanggil Bhin-Bhin. Ia menggunakan batik asal Asmat. Bhin-Bhin mewakili strategi. Sedangkan maskot Rusa Bawean asal Jakarta bernama Atung dengan kain khas tumpal batik. Maskot tersebut mewakili kecepatan dan kelincahan

Sementara itu, maskot Badak Bercula Satu dipanggil Kaka. Ia mengenakan batik khas Palembang. Kaka merupakan simbol kekuatan. Bila digabungkan, nama ketiga maskot ini menjadi Bhinneka Tunggal Ika.

Video: Cabor Sepak Bola Buka Gelaran Asian Games 2018



(ASM)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id