Pelari Indonesia Sabet Gelar Juara di Kejuaraan Dunia
Lalu Muhammad Zohri (Foto: Kemenpora RI)
Tampere: Nama Indonesia mengharum di Kejuaraan Atletik Dunia U-20. Hal itu bisa terjadi karena salah satu atlet lari Tanah Air Lalu Muhammad Zohri meraih medali emas dalam nomor lari 100 meter putra di Stadion Ratina, Tampere, Finlandia, Rabu 11 Juli waktu setempat.

Bukan kemenangan mudah yang didapat Lalu. Pasalnya, ia harus bersaing dengan pelari-pelari kelas dunia seperti Anthony Schwartz, Eric Harrison, Thembo Monareng, Dominic Ashwell, dan Henrik Larsson di babak final.

Meski harus bersaing dengan atlet-atlet muda kelas dunia, mental Lalu tidak mengendur. Buktinya, ia mampu menunjukkan penampilan impresif dan finis di posisi terdepan.


Baca: Harapan Tontowi/Liliyana ketika Resmi "Bercerai"

Lalu akhirnya finis di posisi pertama dengan mencatatkan waktu 10,18 detik. Ia mengalahkan Schwartz (10,22 detik) dan Harrison (10,22 detik). Kedua pelari tersebut harus puas finis di peringkat kedua dan ketiga.

Sementara itu, peringkat keempat ditempati oleh pelari Afrika Selatan, Monareng dan diikuti Ashwell di urutan kelima. Sementara itu, unggulan Swedia, Larsson hanya mampu finis di urutan keenam.

Zohri sangat bangga bisa memenangkan kejuaraan tersebut. Ia pun semakin percaya diri menatap Asian Games 2018 berkat prestasinya tersebut.

Baca: Bintan Siap Gelar Kejuaraan Triathlon Bertaraf Internasional

"Saya akan berpesta malam ini. Saya sangat senang dengan PB dan catatan junior nasional saya. Sekarang, saya akan mempersiapkan Asian Games yang digelar bulan depan. Saya sangat bangga. Ini adalah pengalaman luar biasa dan sangat bagus untuk karier saya," ujar Lalu.

Pencapaian Lalu di Kejuaraan Atletik Dunia U-20 menjadi catatan membanggakan bagi Indonesia. Sebab, untuk pertama kali, atlet lari Tanah Air bisa memenangkan kejuaraan dunia di nomor lari 100 meter sejak 32 tahun terakhir. Sebelumnya, prestasi terbaik Indonesia adalah finis kedelapan pada Kejuaraan Atletik Dunia 1986. (IAAF)


Video: Owi/Butet dan Kevin Sanjaya Diguyur Bonus Ratusan Juta Rupiah

 



(PAT)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id