Pebasket Timnas Indonesia Andakara Prastawa (kiri) (Foto: Antara/Widodo S Jusuf)
Pebasket Timnas Indonesia Andakara Prastawa (kiri) (Foto: Antara/Widodo S Jusuf)

Duh, Pebasket Timnas Andakara Prastawa Tertahan di Lebanon Akibat Positif Covid-19

Olahraga bola basket Virus Korona covid-19 FIBA World Cup 2023
Rendy Renuki H • 05 Desember 2021 23:16
Jakarta: Pebasket Timnas Indonesia Andakara Prastawa tak bisa pulang ke Tanah Air. Prastawa tertahan di Lebanon akibat dinyatakan positif Covid-19.
 
Prastawa dan seluruh skuad Timnas basket Indonesia baru saja menjalani pertandingan window pertama Kualifikasi FIBA World Cup 2023, 27 dan 29 November 2021.
 
Seluruh anggota tim pun harus menjalani tes usap lagi sebelum kembali ke Jakarta. Namun Prastawa dan masseur Timnas Endang Michlisin dinyatakan positif dan harus menjalani karantina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika sudah dinyatakan negatif, mereka akan segera kembali ke Jakarta. Timnas Elite Indonesia akan kembali bersiap menatap window kedua melawan Arab Saudi dan Jordania pada Februari 2022," tulis keterangan dari Perbasi, Minggu 5 Desember 2021.
 
Sebelumnya, dua pebasket Timnas yakni Arki Dikania Wisnu dan Lester Prosper juga dinyatakan positif Covid-19. Buntutnya, kedua pemain kunci Timnas basket Indonesia itu tidak bisa tampil di dua laga melawan Lebanon.
 
Manajer Timnas Elite Indonesia Maulana Fareza Tamrella menjelaskan Lester sempat dinyatakan negatif Covid-19 saat tes usap sebelum terbang dari Amerika Serikat ke Lebanon. Namun saat tiba di Lebanon dinyatakan positif.
 
Untuk memastikannya, center dengan tinggi 2,09 meter itu dites usap lagi di laboratorium rekomendasi FIBA dan di kedutaan dan hasilnya negatif. Sesuai regulasi WHO juga protokol kesehatan FIBA bahwa diperlukan satu kali tes negatif agar pemain yang bersangkutan bisa bertanding.
 
"Namun saat dites lagi jelang pertandingan, Lester dinyatakan positif. Hingga akhirnya dia tidak bisa dimainkan untuk pertandingan pertama melawan Lebanon," terang Fareza.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif