Roger Federer. (Fabrice COFFRINI / AFP)
Roger Federer. (Fabrice COFFRINI / AFP)

Bukan Prestasi, Ini Pencapaian Tertinggi Federer sebagai Petenis Top Dunia

Kautsar Halim • 23 September 2022 22:23
Jakarta: Roger Federer tidak terlalu memikirkan prestasi luar biasanya di lapangan menjelang gantung raket. Menurutnya, pencapaian tertinggi dari kariernya sebagai petenis profesional adalah mendapat keseimbangan hidup antara menjadi atlet yang mendapat banyak sorotan dan orang biasa yang memiliki privasi.
 
"Saya kira, saya selalu berusaha untuk menjadi orang senormal mungkin, seotentik mungkin, dan saya juga selalu berusaha untuk menjadi seperti itu sampai kapan pun," kata Federer dalam wawancara bersama Eurosport seperti ditayangkan laman Olympics, Kamis (22/9/2022).
 
"Sejujurnya bukan sesuatu yang mudah untuk melakukan segala sesuatu di depan publik karena ada lebih banyak kamera saat ini sehingga sulit untuk melarikan diri dan mendapatkan kehidupan pribadi. Tapi saya merasa sudah bisa mengaturnya dengan sangat baik sehingga bisa tetap bahagia di depan umum," tambahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Petenis berusia 41 tahun itu mengaku lega karena akhirnya bisa terlepas dari pandangan publik dan mendapatkan kembali kehidupan pribadinya secara utuh. "Tentu saja saya sangat gembira bisa menghilang dari mata publik, lalu pulang ke rumah dan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan melakukan apa pun," ujar dia.
 
Federer lantas memaparkan bahwa kemampuan menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan kehidupan seorang atlet merupakan kunci keberhasilan yang membawa dia tetap waras menjalani 24 tahun berkarier sebagai petenis profesional.
 
"Ketika saya meninggalkan lapangan, saya akan kembali menjadi Roger yang biasa, dan saya kira itulah yang selama ini menjaga saya tetap waras dalam 25-30 tahun ini," pungkas Federer yang berasal dari Swiss.
 
Keinginan untuk pensiun itu sudah disampaikan Federer lewat media sosial beberapa hari lalu atau setelah mengoleksi 103 gelar tunggal ATP, termasuk 20 ajang Grand Slam, 28 ATP Masters, dan 6 ATP Finals. Namun, dia baru benar-benar gantung raket setelah menjalani turnamen Laver Cup 2022 yang berlangsung di London pada 23-25 September. (ANT)

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif