Menpora Zainudin Amali (Medcom.id/Rendy Renuki H)
Menpora Zainudin Amali (Medcom.id/Rendy Renuki H)

Korona, Menpora Minta Jangan Paksakan Gelar Pelatnas

Olahraga Virus Korona kemenpora
Rendy Renuki H • 10 April 2020 17:55
Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta setiap pengurus cabang olahraga tidak memaksakan diri menggelar Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) saat pandemi korona.
 
Menurutnya, kesehatan dan keselamatan atlet saat ini menjadi perhatian utama. Meskipun saat ini para atlet tetap melakukan persiapan, terutama Pelatnas menuju Olimpiade 2020 Tokyo tahun depan.
 
Diketahui, dua cabang olahraga, bulu tangkis dan angkat besi, masih menggelar Pelatnas. Bahkan PBSI secara terbuka meminta keringanan mengenai peraturan pemerintah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus patuhi aturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Kalau dinyatakan tidak bisa, maka jangan memaksakan diri. Yang paling penting sekarang diutamakan adalah kesehatan dan keselamatan para atlet, pelatih dan ofisial," kata Menpora.
 
Ia khawatir jika Pelatnas tetap dipaksakan digelar, justru membahayakan para atlet. Sehingga dikhawatirkan persiapan Pelatnas akan sia-sia jika atlet malah terserang penyakit.
 
"Pelatnas kan tujuannya untuk prestasi atlet. Tapi kalau sampai atlet atau pelatihnya sakit, apalagi jika penyakitnya membahayakan jiwa, berarti sia-sia melakukan pelatnas. Kalau tak selamat, maka prestasi tak mungkin diraih, dan kita semua yang rugi," pungkasnya.
 
Pelatnas bulu tangkis dan angkat besi memang masih digelar di tengah pandemi korona. Kedua induk cabang olahraga tersebut beralasan menggelar Pelatnas untuk menjaga kondisi fisik para atlet.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif