Stadion Papua Bangkit memiliki fasilitas IT yang cukup baik dan akan mendukung pelaksanaan PON XX 2020. (Foto: medcom.id/Roylinus Ratumakin)
Stadion Papua Bangkit memiliki fasilitas IT yang cukup baik dan akan mendukung pelaksanaan PON XX 2020. (Foto: medcom.id/Roylinus Ratumakin)

Jelang PON 2020

PON Papua Harus Sukses Seperti Asian Games 2018

Olahraga pon 2020
Roylinus Ratumakin • 11 Februari 2020 14:31
Jayapura: Pelaksanaan Asian Games 2018 lalu di Jakarta terbilang sukses walau persiapannya yang begitu mepet. Sukses dari Asian Games tersebut juga akan ditularkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 yang dihelat oleh Papua sebagai tuan rumah.
 
Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mendatangi salah satu petugas Informasi dan Teknologi (IT) yang pernah bertugas di Asian Games.
 
Iklas Bahar, petugas IT bidang Informatika dan Teknologi Jakarta yang diperbantukan Diskominfo Papua mengatakan, dirinya diminta untuk membantu Papua mensukseskan PON dalam bidang IT.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya diminta Dinas Komunikasi dan Informatika untuk membantu, tentu kami akan bantu Papua agar PON maupun Pepanarnas tahun 2020 berjalan sukses,” kata Bahar, Selasa, 11 Februari 2020.
 
Dikatakan, apa yang pernah dikerjakan pada pagelaran Asian Games tentunya akan dikerjakan di Papua, dan sudah pasti semua ilmunya akan diterapkan sepenuhnya guna suksesnya PON Papua. Kata Iklas Bahar, untuk mensukseskan PON, bukan hanya bidang IT atau bidang pertandingan saja, tetapi semua bidang harus saling koordinasi termasuk cabang olahraga (cabor).
 
“Cabor sebagai acuan, mereka harus membuat desain atau lay out tempat pertandingan, sehingga bidang IT dan bidang lainnya bisa tau apa yang mereka bisa kerjakan. Untuk itu, kami harus berkoordinasi di antara semua bidang, karena IT menjadi dasar akhir, dan bukan hanya untuk PON, tetapi sebagai acuan untuk pembinaan olahraga Indonesia ke depan,” ujarnya.
 
Bahar menambahkan, data dari Cabor tersebut harus diolah oleh pihaknya dalam bentuk digital. Data tersebut baik berupa data pertandingan maupun video yang akan menjadi aset untuk pengembangan olahraga Indonesia kedepannya.
 
“Harus ada transparansi dari semua bidang dan cabor terkait apa yang diperlukan pada saat pertandingan nanti. Pada prinsipnya kita harus saling koordinasi, kita harus kerja secara detail per bidang, jangan saling berharap, dan semua bidang harus terkoneksi,” katanya.
 
Video: Lionel Messi akan Hengkang dari Camp Nou?
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif