NEWSTICKER
Simbol Olimpiade. (Foto: AFP/Fabrice Coffrini)
Simbol Olimpiade. (Foto: AFP/Fabrice Coffrini)

Wabah Virus Korona

Dihujani Kritik, Komite Olimpiade Melunak

Olahraga Virus Korona olimpiade 2020
Gregorius Gelino • 19 Maret 2020 10:20
Jakarta: Komite Olimpiade Internasional (IOC) kini melunak. Setelah sempat bersikeras untuk menyelenggarakan Olimpiade 2020 di Tokyo sesuai jadwal, IOC kini berniat mencari jalan keluar untuk menyelenggarakan Olimpiade.
 
"Ini adalah situasi luar biasa yang membutuhkan solusi luar biasa. IOC berkomitmen mencari solusi dengan dampak negatif paling minim bagi atlet, sambil menjaga integritas kompetisi dan kesehatan atlet," ujar juru bicara IOC seperti dikutip dari AFP.
 
"Tidak ada solusi yang akan jadi ideal dalam situasi ini. Ini kenapa kami bergantung pada tanggung jawab dan solidaritas atlet," lanjutnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, IOC dan pemerintah Jepang sepakat akan menyelenggarakan Olimpiade sesuai jadwal pada Juli hingga Agustus 2020. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, bahkan menyatakan siap menyelenggarakan Olimpiade meski pandemi virus korona (covid-19) masih menghantui Negeri Matahari Terbit.
 
Tapi setelah mendapat kritik dari berbagai atlet, termasuk anggota IOC Hayley Wickenheiser, IOC kini melunak. Mereka siap berunding untuk menentukan apakah Olimpiade 2020 ditunda atau dibatalkan sama sekali.
 
Sejatinya, pembatalan Olimpiade bukan hal tabu. Pada 1940, Olimpiade yang rencananya digelar di Jepang juga batal akibat Perang Dunia II.
 
Jika menilik sejarah, pembatalan Olimpiade merupakan hal lumrah jika ada kejadian luar biasa. Dan dengan status korona yang menjadi pandemi global, maka itu termasuk hal luar biasa.
 

 

 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif