Peselancar Indonesia Rio Waida selepas menjajal ombak saat tampil di Olimpiade Tokyo 20202 di Pantai Tsurigasaki, Tokyo, Jepang. (ANTARA/HO-NOC Indonesia)
Peselancar Indonesia Rio Waida selepas menjajal ombak saat tampil di Olimpiade Tokyo 20202 di Pantai Tsurigasaki, Tokyo, Jepang. (ANTARA/HO-NOC Indonesia)

Mantap, Atlet Indonesia Rio Waida Pimpin Klasemen Liga Selancar Dunia

Kautsar Halim • 28 September 2022 23:18
Jakarta: Atlet selancar ombak Indonesia, Rio Waida menjadi pemuncak klasemen Challenger Series (CS) Liga Selancar Dunia (World Surf League). Menurut laman WSL, Rabu 28 September, Rio berada di peringkat pertama dengan 21.050 poin atau di atas peselancar Italia Leonardo Fioravanti yang menempati posisi kedua dengan 17.665 poin.
 
Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu berpotensi masuk World Championship Tour (WCT) karena Top 10 Challenger Series akan dipromosikan ke divisi teratas yang menjadi tempat top 34 atlet selancar ombak dunia berkompetisi.
 
"Secara hitung-hitungan mestinya masuk ya, apalagi untuk masuk WCT harus top 10 di ranking CS-nya. Tapi saya tidak berani berandai-andai memberi pernyataan sebelum ada konfirmasi resmi dari WSL," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI) Arya Subyakto seperti dilansir Antara, Rabu (28/9/2022).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menduduki puncak peringkat Challenger Series, Rio yang tembus 16 besar Olimpiade Tokyo 2020, menjuarai Sydney Surf Pro 2022 nomor Open Mens di Manly Beach, Australia pada 17-24 Mei. Tak lama kemudian pada Juli, peselancar berusia 22 tahun itu menjuarai Balito Pro 2022 di KwaZulu-Natal, Afrika Selatan.
 
Berbekal dua gelar tersebut, Rio siap tampil mengesankan lagi di Ericeira, Portugal, yang menjadi pemberhentian kelima dari delapan ajang Challenger Series tahun ini pada 1-9 Oktober mendatang. Terlebih pekan lalu, Rio sempat meraih perak dalam ajang ISA World Surfing Games 2022 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat.
 
Dalam unggahan media sosial miliknya, Rabu 28 September, Rio mengaku sudah berada di Ericeira yang berada tepi pantai barat Portugal dan dianggap sebagai ibu kota selancar Eropa. Untuk Challenger Series di Portugal, Rio akan berkompetisi bersama rekan senegara I Ketut Agus yang juga ikut berjuang dalam memperebutkan slot Olimpiade pekan lalu. (ANT)
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif