UNS Siap Tampung Atlet Berprestasi dan Atlet Difabel
UNS membuka fakultas baru yakni Fakultas Keolahragaan. (Foto: medcom.id/Pythag Kurniati)
Solo: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka fakultas baru yakni Fakultas Keolahragaan (FKOR). Fakultas yang diresmikan Senin 13 Agustus 2018 ini siap mendidik atlet-atlet berprestasi dan atlet-atlet difabel.

Rektor UNS Ravik Karsidi menjelaskan, fakultas ke-11 di UNS tersebut siap menampung atlet-atlet muda nasional. "Ya termasuk para pemain Timnas U-16 yang kemarin menjuarai AFF," ujar Ravik, Senin 13 Agustus 2018.

Ia mengatakan, penerimaan atlet berprestasi di tingkat nasional maupun internasional diakomodir secara berbeda. Mereka dapat masuk melalui jalur undangan. Melalui jalur ini, para atlet berprestasi dimungkinkan diterima tanpa tes. Namun, syarat pendidikan terakhir adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) tetap diberlakukan.


UNS juga membuka peluang bagi siswa-siswi sekolah olahraga milik Kemenpora meneruskan menimba ilmu di fakultas tersebut. Tujuannya tak lain untuk menelurkan bibit-bibit atlet berprestasi ditunjang dengan pendidikan yang lebih mendalam.

Selain siap menampung atlet berprestasi, fakultas keolahragaan ini siap menerima atlet difabel. Fakultas keolahragaan telah mengembangkan olahraga adaptif bagi penyandang disabilitas.

Baca: Resep Lorenzo Menjuarai GP Austria


"Kita kan ada paralimpic. Nah diterimanya atlet-atlet difabel akan meneruskan bibit prestasi di bidang paralimpic," tutur Ravik.

Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan Eko Sulistyo membenarkan bahwa pendidikan atlet harus terus berlanjut hingga perguruan tinggi. Di negara-negara maju, lanjutnya, para atlet justru berasal dari lingkungan kampus.

"Di Amerika misalnya, atlet basket nasional mereka itu, berangkat dari kampus," ujar Sulistyo.

Fakultas ini terdiri dari dua progran studi (prodi) yakni Prodi Kepelatihan Olahraga dan Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Nantinya lulusan fakultas ini akan bergelar Sarjana Olahraga (S.Or). Mereka juga dapat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni S2 dan S3 keolahragaan.

Video: Tim Soft Tenis Asian Games Masuk Fase Latihan Terakhir



(ASM)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id