Menpora: MXGP, Saatnya Kroser Lokal Unjuk Gigi
Menpora Imam Nahrawi. Foto: Dok. Kemenpora
Jakarta: Ajang motocross MXGP 2018 yang akan digelar di Semarang pada 7-8 Juli, dan Pangkal Pinang pada 30 Juni-1 Juli akan memberikan kesempatan bagi para kroser nasional untuk membuktikan kemampuannya di mata dunia.

Hal tersebut dikatakan Menpora Imam Nahrawi pada acara jumpa pers di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Mei 2018. Menpora mengatakan Indonesia diberikan dua kali kesempatan menyelenggarakan MXGP dalam kurun waktu setahun. 

"Ini merupakan sejarah sekaligus menjadi kesempatan bagi kroser nasional untuk membuktikan kemampuan mereka juga mempromosikan potensi wisata khususnya di Bangka Belitung dan Semarang sekaligus menjadi awalan bagus prakondisi Asian Games dan Asian Para Games 2018," tutur Menpora dikutip kemenpora.go.id.


Menpora juga menyatakan akan terus mendukung dan berkoordinasi dengan pihak terkait agar event ini menjadi daya tarik wisata.

"Pemerintah akan terus mendukung sekaligus berkoordinasi dengan stakeholders yang lain agar kesempatan MXGP ini sebagai sportourism dan meningkatkan daya tarik wisatawan ke Tanah Air," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) Sadikin Aksa mengatakan, Indonesia dipercaya menjadi salah satu dari dua negara bersama Itali yang menerima dua seri kejuaraan MXGP 2018. 

"Untuk Semarang disebutnya seri Asia dan Pangkal Pinang sebagai Indonesian Seri dan Indonesia menjadi negara satu-satunya di Asia yang menyelenggarakan MXGP," kata Sadikin.
 
Meskipun demikian, Sadikin mengakui, para pebalap nasional untuk MXGP 2018 saat ini belum mampu naik level ke kelas dunia. Sebab mereka masih harus mengikuti balapan di seri Eropa.

"Jangka panjangnya para pebalap ini akan terus kita gembleng di Eropa disana serinya banyak sekali karena tingkat kompetisi yang berbeda di Eropa bisa seminggu sekali balapan tapi di Indonesia baru satu atau dua bulan baru ada balapan jika ingin masuk ke seri dunia pebalap nasional juga harus membawa sponsor," ucapnya.

Pada saat yang sama, Local Organizers MXGP 2018 Judiarto mengatakan, Indonesia memiliki delapan pebalap untuk MXGP kelas wildcard yakni empat di MX1 dan empat di MX2. 

"Kita memiliki satu local hero dalam MXGP ini yakni Delvintor, ia kita gembleng untuk menjadi local hero menghadapi pebalap dunia di kandang sendiri semoga mampu berbicara banyak, minimal tidak di overlap," kata Judiarto.

Semantara untuk perjalanan 12 kontainer 40 feet peserta lomba akan diberangkatkan dari Pangkal Pinang ke Semarang menggunakan jalur darat. Hal ini dianggap lebih efisien dibandingkan menggunkan jalur laut. 

"Kita akan lewatkan darat dari Jakarta-Pangkal Pinang, Pangkal Pinang-Semarang lebih cepat lebih praktis dan tidak bergantung ombak," ucapnya.



(ROS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360