MotoGP Qatar

Menangi Duel Sengit dengan Marquez, Dovizioso Juara MotoGP Qatar

Patrick Pinaria 19 Maret 2018 00:21 WIB
MotoGP 2018
Menangi Duel Sengit dengan Marquez, Dovizioso Juara MotoGP Qatar
Andrea Dovizioso (Foto: AFP/Karim Jaafar)
Doha: Andrea Dovizioso sukses mengawali MotoGP 2018 dengan hasil impresif. Pembalap milik Ducati tersebut berhasil menjuarai MotoGP Qatar, Minggu 18 Maret.

Dovizioso sukses finis posisi pertama dengan catatan waktu 42 menit 34,654 detik. Ia unggul 0,027 detik dari Marc Marquez yang finis di posisi kedua. 

Sementara itu, posisi ketiga ditempati Valentino Rossi. Ia mencatatkan waktu 42 menit 35,451 detik.


Bukan hal mudah buat Dovizioso untuk memenangkan balapan yang digelar di Sirkuit Losail tersebut. Pembalap asal Italia tersebut harus mengawali balapan dengan tertinggal di posisi kedelapan.

Baca: Pembalap Muda Indonesia Catat Prestasi di Qatar

Sementara itu, posisi terdepan dipegang oleh Johann Zarco. Ia diikuti oleh Marc Marquez, Dani Pedrosa, Danilo Petrucci, dan Valentino Rossi.

Perubahan terjadi pada lap keenam. Ketika itu, Rossi berhasil menyalip posisi kedua. Ia berhasil menikung Marquez pada tikungan keempat.

Dovizioso yang awalnya tertinggal jauh pun tak mau kalah dalam menunjukkan kehebatan. Pada lap kedelapan, ia berhasil merangsek ke peringkat keempat setelah melewati Cal Crutchlow Petrucci.

Pada lap ke-11, pertarungan sengit terjadi di antara pembalap dua terdepan. Rossi mencoba untuk menyalip Zarco. Namun, saat keduanya bertarung, posisi terdepan justru harus direbut Marquez yang sudah membayangi dari posisi ketiga. Sementara itu, Dovizioso masih menguntit di posisi keempat.

Nasib buruk justru didapat pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins. Ia harus terjatuh di tikungan kedua lap keenam.

Baca: Kelas 62 Kg Putra Akhirnya Dipertandingkan, Eko Yuli Berpeluang Raih Emas

Dovizioso akhirnya berhasil merebut posisi pertama pada lap ke-18. Tepatnya pada tikungan pertama, ia sukses menyalip Zarco. Kemudian, diikuti Marquez dan Rossi yang menempati posisi kedua dan ketiga. Sedangkan Zarco turun ke posisi keempat.

Memasuki dua lap terakhir, pertarungan posisi terdepan menjadi miliki Dovizioso dan Marquez. Sementara Dovizioso di depan, Marquez mencoba untuk menempel dari posisi kedua.

Pertarungan semakin terasa sengit saat memasuki lap terakhir. Pada tikungan ke-12 hingga ke-14, kedua pembalap saling salip menyalip.

Namun, Dovizioso berhasil mempertahankan posisi pertama. Ia berhasil mengalahkan Marquez ketika sudah memasuki trek lurus hingga garis finis. Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh Rossi.

Hasil lengkap MotoGP Qatar 2018, Minggu 18 Maret:



Video: Metro TV Gelar Road To Heritage Run

 



(PAT)