Johann Zarco-Foto AFP
Johann Zarco-Foto AFP

GP Austria

Ducati Dominasi Latihan Bebas Kedua GP Austria

Antara • 19 Agustus 2022 23:52
Jakarta: Pembalap Tim Pramac (Ducati) Johann Zarco mencatatkan lap tercepat mengalahkan Jack Miller (Ducati) dan Jorge Martin, rekan Zarco di latihan bebas kedua GP Austria.
 
Di permukaan aspal yang panas setelah latihan pertama dalam kondisi trek setengah basah, sebagian besar pembalap mampu memperbaiki catatan waktunya sejak awal FP2, mengkhawatirkan ancaman cuaca buruk demi tiket langsung ke Q2.
 
Zarco mencetak waktu terbaik 1 menit 29,837 detik guna mengungguli Miller dengan selisih 0,024 detik dan Martin +0,029 detik, demikian laman resmi MotoGP. Pada latihan bebas pertama, Miller menjadi tercepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk Zarco, pembalap Prancis itu masih mengincar kemenangan perdananya dalam kelas premier dan bakal mencoba menebus poin yang hilang setelah terjatuh di Silverstone dua pekan lalu.
 
Sementara itu, pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo menjadi satu-satunya pembalap non-Ducati dalam delapan besar.
 
Pembalap Yamaha ini finis P4 di depan Francesco Bagnaia, Luca Marini, Marco Bezzecchi dan Enea Bastianini di Sirkuit Red Bull Ring yang cocok dengan karakteristik Ducati.
 
Maverick Vinales menjadi pembalap tercepat Aprilia di P9 setelah rekan satu timnya, Aleix Espargaro, yang membalap dengan kaki cedera imbas kecelakaan saat sesi latihan terakhir GP Inggris, di P11.
 
Brad Binder, yang merasakan podium teratas di Red Bull Ring tahun lalu, melengkapi 10 besar untuk tim KTM.
 
Sesi latihan kedua berjalan sangat ketat ketika catatan waktu 10 pembalap teratas terpisahkan 0,3 detik saja dan sebanyak catatan 19 pembalap terpisahkan kurang dari satu detik.
 
Hujan diperkirakan turun saat sesi latihan ketiga, dan para pembalap akan berupaya memperbaiki catatan waktu mereka dalam latihan Sabtu pagi apabila langit cerah.
 
Sejak kembali masuk kalender MotoGP pada 2016, Red Bull Ring telah menggelar delapan balapan kelas premier, enam di antaranya membuat pembalap Ducati berada di podium teratas, dan dua lainnya dimenangi pembalap KTM yaitu Miguel Oliveira (2020) dan Brad Binder, yang bertahan dengan ban slick di balapan yang diguyur hujan tahun lalu.
 
Untuk 2022, layout sirkuit di Spielberg itu mengalami sedikit modifikasi dengan penambahan chicane setelah Tikungan 1.
 
Menuju Austria, Quartararo berada di bawah tekanan saat posisinya hanya 22 poin dari rival terdekat Aleix Espargaro dari tim Aprilia yang menjadi satu-satunya pembalap yang selalu finis dengan poin di musim 2022. Yamaha juga belum pernah menang di Spielberg.
 
Sedangkan pembalap Ducati Francesco Bagnaia perlahan-lahan merangkak ke posisi tiga klasemen berbekal empat kemenangan dalam tujuh balapan terakhir.
 
Berikut catatan kombinasi hingga FP2:
1. Johann Zarco (Prima Pramac Racing)  1:29,837
2. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) + 0,024
3. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) + 0,029
4. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) + 0,040
5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) + 0,160
6. Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) + 0,193
7. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) + 0,229
8. Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP™) + 0,229
9. Maverick Viñales (Aprilia Racing) + 0,276
10. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,291
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif