Selebrasi kemenangan Marc Marquez. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)
Selebrasi kemenangan Marc Marquez. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)

Beragam Fakta setelah Marquez Menjuarai MotoGP 2019

Olahraga marc marquez MotoGP 2019
Kautsar Halim • 07 Oktober 2019 11:11
Jakarta: Marc Marquez sudah berhasil menyegel gelar juara dunia MotoGP 2019. Prestasi itu ia raih sambil menjadi yang tercepat di GP Thailand pada Minggu 6 Oktober.
 
Gelar tersebut bukan yang pertamakali bagi Marquez. Itu merupakan yang keenam untuk kelas MotoGP atau yang kedelapan jika dicampur dengan prestasi di Moto2 dan kelas 125cc.
 
Hanya Marquez yang pernah mengoleksi enam gelar juara dunia MotoGP di usia 26 tahun dan 231 hari. Dia telah mematahkan rekor Giacomo Agostono yang mengumpulkan enam gelar kelas premier saat berusia 29 tahun 25 hari.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengoleksi delapan gelar juara dunia (berbagai kelas) juga memiliki rekor tersendiri. Dengan begitu artinya, Marquez lebih muda ketimbang Mike Hailwood yang baru memiliki delapan gelar itu saat berusia 27 dan 112 hari.
 
Berikut berbagaifakta menarik setelah Marquez menjuarai MotoGP 2019:
 
- Marquez, Valentino Rossi dan Giacomo Agostini adalah tiga pembalap yang telah meraih enam gelar atau lebih juara dunia kelas premier.
 
- Marquez hanya salah satu dari enam pembalap yang pernah meraih delapan gelar juara dunia di semua kelas. Selain dia ada Carlo Ubbiali (9 kali), Mike Hailwood (9 kali), Valentino Rossi (9 kali), Angel Nieto (13 kali) dan Giacomo Agostini (15 kali).
 
- Marquez mematahkan rekor Mick Doohan yang telah memenangkan gelar juara dunia sebanyak lima kali dengan motor pabrikan Jepang. Seperti diketahui, enam gelar MotoGP yang dimiliki Marquez diraih menggunakan motor Honda.
 
- Hanya ada satu pembalap Spanyol yang meraih gelar juara dunia melebihi Marquez, yaitu Angel Nieto. Dia mengemas 13 gelar juara dunia (tujuh di kelas 125cc dan enam di kelas 50cc). Prestasi itu diraih antara 1969 hingga 1984 silam.
 
- Marquez menjadi pebalap termuda kedua yang mampu meraih kemenangan ke-50 di kelas premier. Rekor itu masih dipegang Valentino Rossi yang meraihnya saat berusia 26 tahun dan 165 hari.
 
- Sembilan pole position yang ia raih musim ini memperokokoh posisi Marquez sebagai pembalap dengan koleksi pole position terbanyak sepanjang masa, yakni 89 kali dari tiga kelas berbeda.
 
- Musim ini, Marquez meraih paling banyak
kemenangan (9 kali) dibandingkan rival-rivalnya. Dia juga paling banyak naik podium (14 kali) dan meraih pole position (9 kali). (ANT)
 

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif