Namun pembalap asal Spanyol itu menyatakan bahwa seburuk-buruknya grip ban mobil F1, risiko yang ditanggung pembalap takkan sebesar di MotoGP. Karena biar bagaimana pun ban mobil tetap empat dan efeknya hanya pelambatan kecepatan mobil saja. Karena performa ban menurun drastis.
"Kini sistem safety di F1 sangat tinggi. Kokpit dan rangka mobil sudah jadi pelindung yang paling penting bagi tubuh pembalap. Tapi ketika Anda balapan di MotoGP, tubuh pembalap-lah yang jadi rangka pelindung. Tubuh yang terhempas ke lintasan jika terjatuh. Kalau normalnya, pembalap di F1 sangat jarang mengalami kecelakaan parah ketimbang para pembalap di MotoGP," klaim Lorenzo.
Lorenzo melanjutkan bahwa tubuh pembalap dan organ tangan adalah bagian yang sangat krusial bagi para pembalap. Jika tubuh dan lengan hingga tangan mengalami masalah, maka akan sulit memaksimalkan performa sendiri.
"Sensitifitas tangan terhadap seorang pembalap di MotoGP, sangat besar. Kemudian tubuh juga punya peran besar karena tubuh inilah yang aktif mengimbangi motor. Baik saat terjadi ciri-ciri motor kehilangan traksi atau apa pun semacamnya. Makanya akan sangat sulit bagi pembalap F1 beradaptasi ke motor MotoGP ketimbang pembalap MotoGP ke F1."
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id