Marc Marquez (foto: instagram)
Marc Marquez (foto: instagram)

Marc Marquez Kembali Diserang Diplopia Usai Kecelakaan Highside di Mandalika, Apa Itu?

Muhammad Syahrul Ramadhan • 22 Maret 2022 21:39
Jakarta: Pembalap Marc Marquez dikabarkan kembali menderita diplopia. Pembalap MotoGP tim Repsol Honda mengalami kecelakaan highside saat sesi warm up jelang balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.
 
Diketahui Marc Marquez mengalami highside di tikungan tujuh Sirkuit Mandalika. Akibat kecelakaan itu pembalap 29 tahun itu harus dilarikan ke rumah sakit dan tidak bisa mengikuti balapan MotoGP Indonesia.
 
Tim medis MotoGP mengkonfirmasi bahwa Marquez mengalami gegar otak dan beberapa trauma ringan sebelum dipindahkan ke rumah sakit di Mataram. Setelah menjalani pemeriksaan dan batal mengikuti balapan Marc Marquez pulang ke Spanyol. Namun, ia merasa penglihatannya tidak nyaman dalam perjalanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui akun Instagram resmi miilknya @marcmarquez93, Marc Marquez merasa hal yang sama dengan apa yang ia alami tahun lalu. Memang, dirinya juga mengalami diplopia pada November 2021.
 
Sepertinya saya mengalami dejavu. Selama perjalanan kembali ke Spanyol, saya mulai merasa tidak nyaman dengan penglihatan saya, dan kami memutuskan untuk mengunjungi Dr. Sanchez Dalmau, yang memastikan bahwa saya mengalami episode baru diplopia,” tulis Marc Marquez, seperti dikutip Medcom.id, Selasa, 22 Maret 202.
 
Kabar baiknya, pembalap asal Spanyol itu menyatakan kondisinya tidak separah yang ia alami tahun lalu. Marc Marquez juga menyampaikan terima kasih dukungan dari para fansnya.
 
Tapi sekarang saatnya untuk beristirahat dan menunggu untuk melihat bagaimana cederanya berkembang. Seperti biasa, terima kasih banyak untuk semua orang atas dukungan Anda!!” sambungnya.
 
Marc Marquez Diplopia (Instagram @marcmarquez93)
(Marc Marquez Diplopia foto: Instagram @marcmarquez93)
 
Dokter yang memeriksa Marc Marquez Sanchez Dalmau, menjelaskan pembalap berjuluk The Baby Alien itu harus menjalani pemeriksaan pekan depan.
 
“Setelah pemeriksaan ini, awalnya diputuskan untuk mengikuti perawatan konservatif dengan tes medis berkala. Minggu depan, Marc Márquez akan menjalani pemeriksaan baru untuk mengevaluasi evolusi cedera dan memprediksi perkiraan periode pemulihan untuk kembali ke kompetisi,” terang D

Apa itu diplopia?

Diplopia adalah gangguan penglihatan. Pasien akan melihat dua gambar dari satu objek yang berdekatan (penglihatan ganda).
 
Dikutip dari laman Halo Sehat, diplopia dibagi dua, yaitu:
  1. Diplopia monokular. Gangguan penglihatan ganda yang hanya terjadi pada satu mata. Kondisi akan terus berlanjut bahkan saat mata yang normal tertutup.
  2. Diplopia binokular. Gangguan penglihatan ganda yang terjadi pada kedua mata.
Kedua jenis diplopia tersebut bisa bersifat sementara. Namun, ada beberapa kasus diplopia yang bersifat permanen. Semua tergantung dari penyebab diplopia yang terjadi.
 
(RUL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif