Brembo memprediksi zona pengereman di Sepang sama beratnya di Motegi dan Catalunya. Repsol Honda/Brembo
Brembo memprediksi zona pengereman di Sepang sama beratnya di Motegi dan Catalunya. Repsol Honda/Brembo

Teknis MotoGP

Sistem Pengereman di Sepang, Sama Sulitnya di Motegi

Ahmad Garuda • 27 Oktober 2016 18:05
medcom.id, Sepang: Ada tiga sirkuit di dunia yang menurut Brembo cukup keras buat sistem pengereman. Sirkuit tersebut adalah Twin Ring Motegi, Catalunya dan Sepang. Menarik untuk melihat cara Brembo mempersiapkan sistem pengeremannya untuk para pembalap. Sebab dari lamanya waktu pengereman berkisar 30 persen dari panjangnnya waktu balapan.
 
Brembo mengkategorikan sistem pengereman di Sepang ini adalah kategori berat. Zona yang paling berat terdapat di tikungan pertama dengan jarak pengereman sekitar 289 meter. Sistem pengereman ini menghentikan motor dari kecepatan 331 km per jam hingga mencapai kecepatan 67 km per jam untuk menikung di tikungan pertama. Di tikungan ini beban tambahan yang harus diterima oleh pembalap berkisar 7,7 kg di tuas pengereman.
Sistem Pengereman di Sepang, Sama Sulitnya di Motegi
Sementara zona pengereman berat yang kedua terdapat di tikungan terakhir atau tikungan 15. Di tikungan ini kecepatan motor mencapai 311 km per jam sebelum sistem pengereman bekerja untuk membuat kecepatan hanya berkisar 67 km per jam saja. Sementara beban yang harus ditanggung pembalap di zona ini berkisar 7,3 kg.
 
Jika ditotal secara keseluruhan, total beban yang bakal ditahan oleh pembalap saat melakukan pengereman adalah sebesar 1,1 ton. Artinya gaya gravitasi yang mereka terima cukup besar. Tak heran jika Valentino Rossi menegaskan bahwa balapan di Sepang bakal sangat menguras tenaga ketimbang balapan di trek lainnya.
Sistem Pengereman di Sepang, Sama Sulitnya di Motegi

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan