Pihak Michelin menegaskan kompon ban yang dipakai saat balapan nanti berbeda dengan jenis ban saat tes resmi pramusim Mandalika bulan lalu. Saat itu, para pembalap kebanyakan memilih ban belakang kompon soft.
Manajer Roda Dua Michelin Motorsport, Piero Taramasso menjelaskan bahwa dari sisi kompon sebenarnya masih sama, hanya saja untuk balapan MotoGP Mandalika, mereka masang casing khusus sebagai antisipasi aspal baru.
“Hari-hari pengujian di sini sangat positif dari perspektif ban, tetapi kami segera menyadari bahwa karena kombinasi permukaan lintasan baru, tata letak yang cepat, dan suhu tinggi, ban terlalu tertekan dan terlalu panas,” kata Taramasso dikutip dari Crash, Rabu, 16 Maret 2022.
“Sebagai hasilnya, kami telah memodifikasi alokasi untuk balapan akhir pekan. Kami akan mempertahankan kompon yang sama yang selama tes memberikan tingkat cengkeraman dan konsistensi yang sangat baik, tetapi kami telah menempatkannya pada casing khusus yang dirancang untuk mengontrol suhu secara lebih efektif."
"Dengan solusi ini saya merasa lebih percaya diri untuk balapan, dan fakta bahwa trek telah diaspal lagi, itu juga akan membantu," beber Taramasso.
Fakta perbedaan jenis ban ini sepertinya akan sangat mempengaruhi jalannya balapan nanti. Pasalnya data-data yang didapat pembalap saat tes akan berbeda dengan kenyataan saat balapan nanti, termasuk aspal baru lintasan Mandalika yang belum dijajal para pembalap.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News