Aleix Espargaro. (Foto: Aprilia Indonesia)
Aleix Espargaro. (Foto: Aprilia Indonesia)

Laporan dari Mandalika

Aleix Espargaro: Tidak Mudah Menyalip Pembalap di Mandalika

Alfa Mandalika • 20 Maret 2022 07:02
Lombok Tengah: Ajang balap motor kelas dunia MotoGP kembali digelar di negara Asia, yang adalah salah satu pasar sepeda motor terpenting di dunia, setelah 25 tahun berlalu. Kala itu, kelas dua tak dipertunjukkan di Sirkuit Sentul dan Aprilia menikmati kemenangan ganda yang diraih oleh Valentino Rossi di kelas 125cc dan Max Biaggi di kelas 250cc.
 
Di sesi Free Practice sesi pertama – dengan kondisi aspal lintasan yang basah akibat hujan semalam- maupun sesi kedua dengan kondisi kering, menunjukkan momentum apik bagi Aleix Espargaro, yang finis di posisi keenam pada sesi pertama dan posisi ketujuh pada sesi kedua (di menit 1’32.008).
 
Setelah finis di posisi keempat dalam debut balapnya di Qatar, Aleix menegaskan posisinya sebagai pembalap tangguh bahkan ketika lintasan dan kondisi balap berubah, dengan selalu mampu memaksimalkan berbagai keunggulan Aprilia RS-GP yang ditungganginya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di lintasan baru Mandalika, Indonesia, yang sebagian aspalnya telah dilapis ulang setelah pengujian musim dingin dan dengan kondisi ban yang sukar terprediksi dibanding tes yang dilakukan di Mandalika bulan Februari lalu, Vinales menunjukkan peningkatan adaptasinya pada motor RS-GP 2022 dibanding ketika balapan pertamanya. Baik di sesi pertama – dalam kondisi grip basah yang riskan - maupun sesi kedua, ia menunjukkan potensi bagus, yang mana akhirnya ia finish di posisi 13 (menit 1.32.344).
 
"Hari yang cukup menegangkan namun sangat positif. Aspal yang baru jelas merupakan peningkatan selama tes, di mana meski kurang memberikan sensasi positif dibanding di Qatar, saya masih bisa melaju dengan cepat. Bahkan pagi ini, dalam kondisi terburuk untuk gaya saya -lintasan yang basah dan ban licin- RS-GP tampil dengan baik. Secara keseluruhan merupakan hari yang baik meskipun kualifikasi di sini akan menjadi inti di sepanjang akhir pekan.
 
"Tidak mudah untuk menyalip di sini, jadi memulai sejauh mungkin sejak dari titik start dapat mempengaruhi balapan".
 
Sedangkan Vinales menilai bahwa dirinya terus beradaptasi dengan Aprilia.
 
"Kami telah melakukan performa yang baik di lintasan, kami memiliki kondisi yang berbeda di antara dua sesi, namun karakteristik dari aspal yang baru sangat positif. Situasi bagi saya pribadi jelas lebih baik dibandingkan dengan saat di Qatar meskipun masih belum sempurna. Hal ini ditunjukkan melalui putaran yang saya lakukan dengan cepat, di mana saya melakukan lebih dari satu kali kesalahan – hal ini berarti ada ruang untuk perbaikan," ujar Vinales.
 
"Kami tahu kami memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, adaptasi saya dengan Aprilia belum selesai dan kami harus meneruskan perjalanan ini".
 
Aleix Espargaro berada di urutan 10 saat kualifikasi dan Vinales berada di urutan 20 saat kualifikasi MotoGP 2022 yang berakhir siang tadi.
 
(ASM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif