Alex Marquez. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
Alex Marquez. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

MotoGP Teruel 2020

Penyebab Alex Marquez Terjatuh di MotoGP Teruel

Olahraga motogp
Kautsar Halim • 26 Oktober 2020 18:18
Jakarta: Alex Marquez gagal mencetak hattrick podium karena terjatuh di ajang MotoGP Teruel, Minggu 26 Oktober lalu. Menanggapi itu, dia mengaku telah melakukan kesalahan sebagai pembalap rookie atau pemula.
 
Adik juara dunia Marc Marquez itu tampil kencang pada paruh pertama lomba karena mampu menyodok ke urutan empat ketika start dari posisi 10. Dia sangat berambisi naik podium karena mampu finis sebagai runner up dalam dua seri sebelumnya, yakni di GP Prancis dan GP Aragon.
 
Kesabaran Alex diuji setelah melihat Joan Mir yang start dari P1 mampu menyalip dia dan Johann Zarco yang sedang mengejar dua pembalap terdepan. Alex pun terpancing tampil makin agresif agar tidak kehilangan waktu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun pada lap ke-14, Alex yang tergabung dengan tim Repsol Honda justru terjatuh ketika bertarung dengan Zarco yang sedang berada di belakang tiga pebalap terdepan.
 
"Ini kesalahan saya sepenuhnya. Saya sedikit kehilangan waktu dengan Zarco dan Mir dan mencoba mengejarnya. Mungkin insiden itu terjadi karena terlalu cepat dan optimistis," kata Alex seperti dilansir laman resmi MotoGP.
 
"Saya memang terlalu banyak memikirkan podium karena memungkinkan. Tapi harusnya selalu dibarengi dengan kesabaran. Saya membuat kesalahan rookie lagi," tambahnya.
 
Marquez, yang musim depan digeser ke tim LCR Honda masih memiliki tiga balapan lagi sebelum musim balapan yang terdampak pandemi ini usai. Dua seri selanjutnya bergulir di Valencia dan satu seri pemungkas bergulir di Portugal pada bulan depan.
 
"Kami harus realistis dan lebih tenang lagi di Valencia nanti. Jika saya terjatuh ketika bertarung untuk posisi ke-15 maka kami perlu khawatir, tapi jika saya terjatuh ketika bertarung untuk podium itu hal lain," tutup Alex.
 
Marquez sedang menempati peringkat 13 klasemen sementara dengan koleksi 67 poin. Secara matematis, dia masih bisa merebut gelar juara karena berjarak 70 poin dengan Mir yang masih nyaman di puncak. (ANT)
 


 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif