Marc Marquez raih pole position di MotoGP Jepang 2022. (instagram @marcmarquez93)
Marc Marquez raih pole position di MotoGP Jepang 2022. (instagram @marcmarquez93)

MotoGP

Meski Pole Position MotoGP Jepang, Marquez Yakin Tak Bisa Menang karena Faktor Ini

Adri Prima • 25 September 2022 14:55
Pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez berhasil mencatatkan pole position usai tampil tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Jepang yang berlangsung di Sirkuit Mobility Resort Motegi, Sabtu 24 September.
 
Marquez mencetak waktu terbaik 1 menit 55,214 detik. Ini menjadi pole pertama kalinya sejak MotoGP Jepang 2019 silam sekaligus menjadi pole position ke-91 sepanjang kariernya di MotoGP. 
 
"Hari ini menjadi kali pertama, sejak saya cedera, saya dapat membalap dengan baik, seperti yang saya inginkan dan senangi," kata Marquez, yang mengawali comeback-nya di MotoGP Aragon pekan lalu pasca cedera panjang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Sensasional, Marc Marquez Tercepat di Kualifikasi MotoGP Jepang
 
Pada babak kualifikasi, Marquez diuntungkan dengan kondisi lintasan basah. Pasalnya ia tidak perlu memaksakan otot lengannya. Selain itu, dengan kondisi lengannya yang belum pulih Marquez biasanya kesulitan di sirkuit yang berjalan berlawanan arah jarum jam seperti di Austin, Sachsenring, dan Aragon. 
 
Namun lain halnya dengan Motegi, sirkuit Jepang ini searah jarum jam dengan banyak lintasan lurus. Namun ada beberapa titik pengereman yang cukup keras. 
 
Meski <i>Pole Position</i> MotoGP Jepang, Marquez Yakin Tak Bisa Menang karena Faktor Ini

Marquez tak yakin bisa menang


Meski akan memulai lomba dari grid terdepan, namun the baby alien tidak percaya diri bakal bisa memenangkan balapan yang dijadwalkan berlangsung Minggu, 25 September 2022. Hal ini dikarenakan kekuatan lengannya yang dianggap belum bisa bertahan sepanjang balapan.
 
"Pada Jumat, di lintasan kering, saya kesulitan menjaga lengan tetap lurus di zona pengereman karena di sini terdapat zona pengereman keras di sisi kanan," ungkap Marquez. 
 
"Lengan kiri juga sedikit armpump mungkin karena bekerja ekstra, jadi saya harus mengatur semua ini. Saya tak bisa membalap dengan menyerang penuh karena itu bakal menghancurkan kondisi fisik saya dan akan kelelahan di lap terakhir." 
 
"Bukan target kami untuk bertarung di balapan, maupun lima besar. Kami perlu menyadari bahwa para pembalap di belakang akan menyusul," pungkasnya. 

Marquez gagal podium


Benar saja, di balapan MotoGP Jepang, Marc Marquez yang memulai balapan dari pole position terlihat kewalahan membendung serangan kompetitor. Ia kehilangan posisi terdepan sejak tikungan pertama. Posisi Marquez semakin merosot setelah Jorge Martin melewatinya pada tikungan tiga.
 
Sementara itu, Jack Miller melesat ke posisi lima setelah menyalip Maverick Vinales dan Miguel Oliveira. Miller berhasil merangsek ke posisi tiga usai menyalip Marquez.
 
Miller melaju ke posisi kedua usai melewati Binder pada lap kedua. Miller kemudian mengamankan posisi terdepan usai menyalip Martin pada lap ketiga.
 
Miller semakin menjauhi kejaran para pesaingnya setelah mengamankan posisi tedepan. Sementara itu, pembalap pengganti Suzuki Ecstar, Takuya Tsuda, menyudahi balapannya lebih dini setelah motornya terbakar.
 
Di sisi lain, Francesco Bagnaia bersaing ketat dengan Fabio Quartararo untuk memperebutkan posisi delapan. Tapi sayangnya Bagnaia terjatuh di tikungan delapan pada lap ke-20 sehingga menyudahi balapan lebih dulu.
 
Hingga balapan usai, posisi Miller tak tergoyahkan. Sementara Binder mampu mengamankan posisi dua dan Martin di tempat ketiga. Sedangkan Marquez harus puas menyudahi balapan di posisi keempat.
 
 
(PRI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif