Pembalap Suzuki Joan Mir menjalani sesi pemanasan di Sirkuit Internasional Algarve. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)
Pembalap Suzuki Joan Mir menjalani sesi pemanasan di Sirkuit Internasional Algarve. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

MotoGP 2022

Beragam Fakta Menarik Jelang MotoGP Portugal

Olahraga MotoGP 2022
Kautsar Halim • 21 April 2022 16:32
Jakarta: Sirkuit Algarve di Portimao, Portugal, bakal kembali menjadi lokasi pertama tur MotoGP Eropa pada akhir pekan mendatang. Dengan begitu, Portugal artinya sudah 17 kali menjadi tuan rumah ajang Grand Prix.
 
Balapan pertama di tanah Portugal bergulir pada 2000 di Estoril, sedangkan dua GP Portugal pertama sebenarnya bertempat di Spanyol, yaitu di Jarama (1987) dan Jerez (1988).
 
Setelah absen 11 tahun, GP Portugal kembali ke kalender MotoGP 2000 di Estoril yang rutin menggelar balapan setiap tahunnya hingga 2012. Sirkuit Algarve sendiri bakal menjalani kesempatan keempat untuk menggelar Grand Prix.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2020, Algarve menjadi sirkuit ke-72 yang menjadi tuan rumah Grand Prix kelas premier, dan lintasan ke-29 untuk balapan MotoGP sejak kelas tersebut diperkenalkan pada 2002.
 
Selain catatan di atas, masih banyak fakta menarik lainnya tentang MotoGP Portugal. Berikut rangkumannya seperti dilansir Antara:
 
- KTM, Yamaha dan Ducati menjadi pabrikan paling sukses di Portimao setelah masing-masing dari mereka mengamankan satu kemenangan lewat Miguel Oliveira (2020), Fabio Quartararo (2021) dan Francesco Bagnaia di GP Algarve (2021).
 
- Hasil terbaik Suzuki di Portimao hanya finis kedua melalui Joan Mir lewat GP Algarve musim lalu. Pencapaian tersebut juga menjadi podium terakhir Mir hingga saat ini.
 
- Honda meraih hasil terbaiknya di peringkat empat lewat penampilan Alex Marquez melalui GP Algarve tahun lalu.
 
- Enam pembalap berbeda telah menikmati selebrasi di podium Portimao, yaitu Francesco Bagnaia (2), Jack Miller (2), Joan Mir (2), Fabio Quartararo (1), Miguel Oliveira (1) dan Franco Morbidelli (1).
 
- Pembalap tim Gresini Racing Enea Bastianini sedang memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 61 poin setelah merebut kemenangan keduanya di Austin pada dua pekan lalu.
 
- Motor-motor pabrikan Eropa sudah merebut enam kemenangan beruntun di balapan kelas premier musim ini dan momen itu terakhir kali terjadi pada 1973-1974 (delapan balapan) dengan Konig dan MV Augusta.
 
- Ini juga untuk pertama kalinya motor-motor Eropa memenangi empat balapan pembuka musim kelas premier sejak 1972 dengan MV Augusta yang dikendarai Giacomo Agostini. Tahun itu, MV Augusta menjuarai 12 balapan awal secara beruntun.
 
- Lima rookie MotoGP tahun ini belum pernah mencetak poin di GP Amerika. 
 
- Marco Bezzecchi masih memimpin pertarungan rookie terbaik tahun ini dengan keunggulan tujuh poin atas Darryn Binder (6) dan Remy Gardner (1).
 
- Raul Fernandez (P3 di Algarve tahun lalu) dan Remy Gardner (P3 di Portugal tahun lalu) telah naik podium di semua balapan yang mereka jalani di Portimao.
 
-   Alex Marquez akan genap berusia 26 tahun ketika memainkan fase kualifikasi MotoGP Portugal pada Sabtu 23 April mendatang. 
 
- Dua dari rookie musim ini telah merasakan kemenangan di Portimao lewat kelas yang lebih rendah, yaitu Remy Gardner (dua kali di Moto2) dan Raul Fernandez (sekali di Moto2 dan sekali di Moto3).
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif