Selebrasi kemenangan Alex Marquez di Moto2 Malaysia. (Mohd RASFAN / AFP)
Selebrasi kemenangan Alex Marquez di Moto2 Malaysia. (Mohd RASFAN / AFP)

Alex Marquez Tercepat di Balapan Virtual Perdana MotoGP

Olahraga motogp
Kautsar Halim • 30 Maret 2020 07:44
Jakarta: Pembalap tim Repsol Honda Alex Marquez meraih kemenangan pertamanya pada MotoGP musim ini. Tapi sayangnya bukan di atas sirkuit, melainkan lewat balapan virtual yang digelar secara resmi pada Minggu 29 Maret,
 
Balapan MotoGP musim ini masih ditunda hingga waktu yang belum ditentukan karena pandemi virus korona. Alex yang berstatus sebagai pembalap rookie setidaknya sudah bisa merasakan kemenangan atas rival-rival di balapan sesungguhnya nanti.
 
Bertajuk #StayAtHomeGP, adik Marc itu memperlihatkan kepiawaiannya mengendalikan motor dengan stick PlayStation. Dia sukses tampil lebih cepat ketimbang Francesco Bagnaia dan Maverick Vinales yang juga naik podium.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Fantastis, hasil yang memuaskan. Ajang yang sangat menyenangkan dengan para pembalap lainnya. Saya sangat senang memenangi balapan pertama ini," kata Alex di laman resmi tim.
 
"Saya menemukan setting yang baik dengan RC213V sehingga memungkinkan untuk tampil seperti saat ini. Tapi saya sadar masih butuh trek yang berbeda," tambahnya.
 
"Walaupun hanya enam lap, kalian harus benar-benar fokus karena semua bisa berantakan dengan satu kesalahan saja," lanjut Alex.
 
Balapan virtual bertajuk #StayHomeGP digelar resmi oleh pihak MotoGP untuk mengisi kekosongan kalender awal musim ini yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Terhitung, ada sepuluh pembalap MotoGP yang berpartisipasi.
 
Balapan digelar sebanyak enam putaran dengan Sirkuit Mugello sebagai arena pertandingan. Sebelumnya, sempat dilakukan sesi kualifikasi selama lima menit untuk mencari pole position yang dimenangkan oleh Fabio Quartararo.
 
Quartararo yang start terdepan sempat tabrakan dengan calon
rekan setimnya di Yamaha, Maverick Vinales. Tren negatif itu dimanfaatkan oleh Marquez dan Bagnaia untuk melesat ke depan.
 
Kecakapan setiap pebalap berbeda-beda ketika dihadapkan dengan balapan virtual. Namun, Alex dan Bagnaia mampu mempertahankan posisinya di barisan depan. Sementara itu, sejumlah pembalap lainnya malah terlibat tabrakan.
 
"Aku sangat menikmatinya dan semoga semua yang menonton juga. Semoga semua orang tetap mengikuti saran dari dokter dan para ilmuwan sehingga kita semua bisa kembali ke kehidupan yang normal, bertemu teman dan keluarga, menikmati udara luar dan balapan," kata Alex. (ANT)
 
Seri kedua balapan virtual MotoGP dijadwalkan bergulir pada 12 April mendatang. Berikut hasil lengkap balapan MotoGP virtual seri pertama di Sirkuit Mugello:
 
1. Alex Marquez: 10 menit 38,643 detik
2. Francesco Bagnaia: +7,093 detik
3. Maverick Vinales: +8,496 detik
4. Fabio Quartararo: +9,968 detik
5. Marc Marquez: +14,416 detik
6. Alex Rins: +19,548 detik
7. Joan Mir: +23,247 detik
8. Miguel Oliveira: +29,702 detik
9. Iker Lecuona, NC
10. Aleix Espargaro, NC
 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif