MotoGP 2018

Marquez: Yamaha Kehilangan Pembalap Hebat

Gregah Nurikhsani Estuning 10 Mei 2018 13:17 WIB
MotoGP 2018
Marquez: Yamaha Kehilangan Pembalap Hebat
Johann Zarco (kiri) saat naik podium ketiga di GP Spanyol. (Foto: AFP PHOTO / JORGE GUERRERO)
Jerez: Marc Marquez menyebut bahwa lepasnya Johann Zarco merupakan kehilangan besar buat Yamaha. Zarco akan bergabung dengan KTM per musim depan.

Performa Zarco untuk Yamaha musim ini sangat mengesankan. Meski cuma berstatus pembalap satelit, justru dirinya lah yang mampu bersaing dengan Marquez di klasemen.

Zarco untuk sementara duduk di posisi kedua klasemen MotoGP 2018. Valentino Rossi justru melempem dan terlempar dari persaingan di lima besar, beruntung Maverick Vinales mampu mengekor di posisi tiga.


Pembalap asal Prancis itu berhasil dua kali naik podium dari empat seri yang sudah berlangsung sejauh ini. Ia terpaut 12 poin dari Marquez dengan koleksi 58 poin.

Klik: Pembukaan dan Penutupan AG 2018 Usung Konsep Bhinneka Tunggal Ika

Melihat performa tersebut, Marquez menilai Zarco adalah pembalap terbaik Yamaha, setidaknya untuk sekarang. Ia merasa kalau rider berusia 27 tahun itu sebagai pesaing utamanya musim ini.

"Empat seri yang sangat aneh. Semuanya terjadi. Memasuki seri balapan Eropa, kita akan sama-sama lihat siapa pesaing utama saya. Tapi, Zarco bakal jadi tembok besar, juga Dovizioso," kata Marquez dikutip dari Crash.

Rumor Zarco pindah ke Red Bull KTM telah marak sejak November lalu, meskipun Repsol Honda dan Suzuki juga menyatakan minat pada eks juara Moto2 itu. Akan tetapi, Suzuki lebih memilih Alex Rins pada 2017, sementara Honda sudah pasti menjadikannya pembalap nomor setelah Marquez.

Zarco akan bergabung dengan bermitra dengan Pol Espargaro yang menandatangani kontrak baru. Sementara itu, Bradley Smith dipastikan akan kehilangan tempatnya.

Hal tersebut mendapat atensi lebih dari Marquez. Rider Spanyol itu merasa kalau Yamaha telah kehilangan pembalap terbaiknya.

"Dari kacamata pengamat, saya rasa Yamaha telah kehilangan pembalap hebat. Maksud saya, dia hijrah (dari Yamaha) ke KTM! Padahal, dialah yang tercepat untuk saat ini," sambung Marquez..

"Tentu saja Valentino dan Vinales juga sangat bagus, tapi saya bilang buat saat ini dia yang terbaik," pungkasnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Tresna Raih Medali Emas Lontar Martil