Proses pengaspalan ulang lintasan sirkuit Mandalika. foto: antara
Proses pengaspalan ulang lintasan sirkuit Mandalika. foto: antara

Aspal Baru Sirkuit Mandalika, Grip Lintasan Diklaim Meningkat 80 Persen

Olahraga motogp indonesia Sirkuit Mandalika MotoGP Mandalika
Adri Prima • 17 Maret 2022 15:08
Lombok: Pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika diklaim telah rampung dan siap menggelar balapan seri kedua MotoGP Indonesia pada tanggal 18-20 Maret 2022, akhir pekan ini. 
 
Sekitar 17,5 persen dari total lintasan sepanjang 4,3 km itu harus diaspal ulang menyusul insiden kotornya lintasan saat tes pramusim pada 11-13 Februari lalu. FIM dan Dorna kemudian mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki yaitu kebersihan permukaan trek dan banyaknya agregat, seperti pasir, debu dan kerikil atau pecahan batu, yang berada di atas lintasan.
 
PT Pengembang Pariwisata Indonesia ITDC yang mengerjakan proyek pengaspalan ulang lintasan Mandalika menjelaskan kalau aspal baru Mandalika cukup memuaskan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hasil yang kami dapati dengan pengaspalan ulang ini telah membuat kami sangat yakin kami memiliki hasil sebaik mungkin yang bisa Anda raih dalam waktu yang sangat singkat," kata General Manager RMI Simon Gardini seperti dikutip laman resmi MotoGP.
 
Gardini menambahkan usai rampung pengaspalan ulang pekan lalu, lintasan harus didinginkan karena cuaca di Mandalika sangat panas. Kemudian terdapat sejumlah kegiatan yang dilakukan pada sore dan malam hari untuk menjaga kebersihan aspal seperti dengan mengerahkan armada Trackjet yang dilengkapi mesin penyemprot air bertekanan tinggi untuk membersihkan lintasan. 
 
"Setiap malam, mesin itu bergerak dengan kecepatan 600 meter per jam sehingga ketika Anda memiliki 1,6 km bagian trek dan harus bolak-balik 12 kali untuk menjangkau lebar trek, itu butuh waktu," kata Gardini. 
 
Tak hanya itu, para pakar yang dilibatkan juga telah menguji daya cengkeram lintasan serta, Gardini mengklaim, level grip lintasan telah ditingkatkan 80 persen. 
 
"Bahkan saat ini mungkin di sana (lintasan) punya lebih banyak grip ketimbang bagian trek tidak diaspal ulang. Kami tidak gugup tapi tentunya dengan ajang tingkat tinggi seperti ini kami sangat ingin melihat bagaimana semuanya berjalan dan bagaimana kedua permukaan bekerja bersama. Selamat menikmati MotoGP," kata Gardini. 
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif