Pembalap Repsol Honda Marc Marquez. (JOSE JORDAN / AFP)
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez. (JOSE JORDAN / AFP)

Kedatangan Lorenzo tidak Mengubah Ambisi Marc Marquez

Olahraga motogp marc marquez
Kautsar Halim • 30 Desember 2018 18:25
Jakarta: Marc Marquez tidak mempermasalahkan Jorge Lorenzo bergabung dengan tim Repsol Honda. Jika itu dipermasalahkan, kata Marquez, malah memunculkan anggapan bahwa dirinya lemah.
 
"Memveto Lorenzo sama saja menunjukkan bahwa saya lemah," kata Marquez seperti dikutip Motorsport.com.
 
Lorenzo membuat kejutaan dengan pindah ke tim Repsol Honda pada akhir musim MotoGP 2018. Transfer itu terjadi setelah dia gagal bersaing bersama Ducati dalam dua musim belakangan ini.

Klik:Alasan KTM Memilih Dani Pedrosa sebagai Test Rider


Beredar rumor, kedatangan Lorenzo bisa mempersulit Marquez mempertahankan gelar juara dunia. Sebab, Lorenzo punya prestasi lebih baik ketimbang rekan setim Marquez sebelumnya, yakni Dani Pedrosa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pedrosa yang memutuskan pensiun belum pernah sama sekali menjadi juara dunia MotoGP. Sedangkan Lorenzo sudah pernah tiga menjuarainya saat masih bergabung dengan Yamaha (2010, 2012, 2015).
 
Meski begitu, Marquez menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak merasa terancam dengan kehadiran X-Fuera--julukan Lorenzo. Justru sebaliknya, dia malah menganggap persaingan antar rekan setim bisa membuat pabrikan Honda makin maju.
 
"Jika dia bisa mengalahkan saya, maka itu akan dilakukan dengan senjata (motor) yang sama. Lagipula, saya memang lebih suka berduel pistol kontra pistol, ketimbang pistol melawan senapan mesin," kata Marquez.
 
"Maksudnya, kami punya motor sama dan apabila Jorge menang, saya bisa langsung tahu penyebabnya. Situasi seperti ini malah bisa membuat kualitas motor kami makin meningkat," tambahnya.

Klik:Takaaki Nakagami Pimpin Tes Pramusim Hari Kedua di Jerez


Sejak bergabung dengan Repsol Honda pada 2013, Marquez sudah lima kali menyabet gelar juara dunia MotoGP (2013, 2014, 2016, 2017 dan 2018). Dalam kurun waktu itu juga, Marquez selalu berduet dengan Pedrosa yang kesulitan bersaing dengannya di lintasan. Menanggapi itu, Baby Alien menegaskan bakal memperlakukan Lorenzo seperti Pedrosa.
 
"Meski begitu, bukan berarti Dani tidak berkontribusi untuk Honda. Apa yang telah dia berikan sangat luar biasa. Tapi jelas, Jorge salah satu pembalap terbaik dan dia bisa juara ketika menggunakan motor lain," papar Marquez.
 
"Kedatangan Jorge atau bahkan pembalap lain tidak akan mengubah gaya balapan dan ambisi saya," tambahnya menutup.
 

 

(KAU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif