MotoGP 2018

Suzuki Promosikan Juara Dunia Moto3 untuk Gantikan Iannone

M. Rizky Adhestian 11 Juni 2018 20:53 WIB
suzukiMotoGP 2018
Suzuki Promosikan Juara Dunia Moto3 untuk Gantikan Iannone
Joan Mir (kiri) berpose dengan Marc Marquez (juara MotoGP), Franco Morbidelli (Juara Moto2) usai tampil sebagai juara dunia di kelas Moto3 musim 2017 (Foto: AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
Hamamatsu: Tim pabrikan Suzuki mengonfirmasi rider yang akan menggantikan posisi Andrea Iannone musim depan. Adalah Joan Mir, pembalap Moto2 yang kini tergabung di tim Marc VDS.

Suzuki Ecstar telah mengumumkan tidak akan memperpanjang kontrak Iannone. Pabrikan asal Jepang itu hanya memperpanjang kontrak Alex Rins yang sudah dilakukan awal musim 2018.

Sebagai gantinya, Suzuki mempomosikan Mir ke MotoGP musim depan untuk memacu mesin GSX-RR milik mereka. Pembalap asal Spanyol itu kini tengah menjalani musimnya sebagai rookie di Moto2.
 

Baca: Tiket Asian Games Dijual Mulai Rp30 Ribu


Mir digadang-gadang sebagai prospek menjanjikan usai menjuarai Moto3 di musim keduanya dengan memenangkan 10 balapan. Prestasi tersebut menjadi yang terbaik sejak yang ditorehkan Marc Marquez di kelas 125cc tujuh tahun lalu.


"Joan Mir baru 20 tahun sekarang, sudah menjadi juara dunia secara impresif dengan 10 kemenangan tahun lalu," kata manajer Suzuki, Davide Brivio.

"Tentu kami mengerti betul bahwa butuh waktu untuk memberikan pengalaman dan tumbuh bersama kami, tapi kami yakin dengan potensinya," sambungnya.
 

Baca juga: Pedrosa Akan Buka-bukaan di MotoGP Catalunya


Penampilan Mir pada tahun pertamanya di pentas Moto2 musim ini juga terbilang cukup oke. Mir sukses dua kali naik podium dari enam balapan yang telah dilakoni. Dia finis di posisi tiga pada dua seri terakhir di Prancis dan Italia.

Hasilnya, saat ini Mir bertengger di posisi lima klasemen sementara pembalap dengan koleksi 64 poin. Ia terpaut 14 poin dari rekan setimnya yang notabene adik dari Marc Marquez, Alex, di posisi empat. Puncak klasemen sementara Moto2 sendiri dikuasai Francesco Bagnaia yang memperkuat tim milik Valentino Rossi, Sky Racing Team VR46, dengan koleksi 111 poin. (Motorsport, Wikipedia)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Mohamed Salah Disambut Ribuan Pendukung di Rusia




(ACF)