Kapten Barcelona Lionel Messi diapit dua pemain Alaves. (Cesar Manso / AFP)
Kapten Barcelona Lionel Messi diapit dua pemain Alaves. (Cesar Manso / AFP)

La Liga 2020--2021

Alaves vs Barcelona: Blaugrana Gagal Menang dari 10 Pemain Tuan Rumah

Olahraga Barcelona liga spanyol
Kautsar Halim • 01 November 2020 06:24
Vitoria-Gasteiz: Barcelona ditahan imbang 1-1 oleh Deportivo Alaves pada pekan kedelapan La Liga di Stadion Mendizorroza, Minggu 1 November dini hari WIB. Mirisnya, hasil tersebut tak terhindari, meskipun El Glorioso bermain dengan 10 pemain.
 
Barca sudah tampil dominan dengan 79 persen penguasaan bola dan punya 25 percobaan tembakan sepanjang laga. Tapi, catatan itu masih belum cukup untuk mencuri tiga poin dari kandang lawan.
 
Alaves yang tergolong tim papan tengah malah mampu mencetak gol lebih dulu lewat Luis Rioja pada menit ke-31. Prosesnya terjadi setelah mencuri bola hasil blunder kiper Neto dan bek Gerard Pique.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah peluang sebetulnya diciptakan oleh Barcelona sebelum gol itu lahir. Salah satunya, tendangan Lionel Messi yang bisa dihadang bek Victor Laguardia yang berjaga di dekat tiang gawang.
 
Untuk mengubah situasi, pelatih Barca Ronald Koeman memutuskan untuk melakukan tiga pergantian pemain sekaligus pada babak kedua, yakni memasukkan Miralem Pjanic, Pedri dan Trincao.
 
Agresivitas yang ditunjukkan Barcelona kerap merepotkan Alaves hingga memaksa Jota Peleteiro melanggar Pique dan mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-62. Akibatnya, tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain sejak saat itu.
 
Tidak perlu waktu lama bagi Barca untuk memanfaatkan keuntungan jumlah pemain. Menginjak menit ke-63, Antoine Griezmann langsung memperdaya kiper Fernando Pacheco dengan tembakan cungkil dan kedudukan pun berubah menjadi 1-1.
 
Sergino Dest dan Martin Braithwaite sempat diturunkan pelatih Koeman untuk menambah daya gedor Barca setelah gol itu tercipta. Namun, pertahanan Alaves sudah terlalu sulit untuk dirobohkan kembali hingga laga berakhir.
 
Hasil laga ini membuat Barcelona selalu gagal menang dalam empat laga terakhir liga domestik. Sebelumnya, Barca kalah dari Madrid (1-3) dan Getafe (0-1), serta ditahan imbang Sevilla (1-1).
 
Tambahan satu poin dari melawan Alaves juga membuat Barca tertanam di urutan 12 klasemen sementara dengan koleksi 8 poin, sedangkan Alaves berada di posisi delapan dengan jumlah poin serupa. (ANT)
 
Susunan Pemain
 
Alaves (4-1-4-1): Fernando Pacheco; Navarro Ximo (Martin Aguirregabiria), Victor Laguardia, Florian Lejeune, Ruben Duarte; Rodrigo Battaglia; Edgar Mendez (Tomas Tavares), Tomas Pina (Adrian Marin), Jota, Luis Rioja (Manu Garcia); Deyverson (Joselu)
Pelatih: Pablo Machin
 
Barcelona (4-2-3-1): Neto; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet (Pedri), Jordi Alba (Sergino Dest); Sergio Busquets (Miralem Pjanic), Frenkie de Jong; Ousmane Dembele (Trincao), Lionel Messi, Ansu Fati (Martin Braithwaite); Antoine Griezmann
Pelatih: Ronald Koeman

 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif