Erling Haaland (kanan) mendapat pengawalan ketat dari para pemain Hoffenheim. (Daniel ROLAND / AFP)
Erling Haaland (kanan) mendapat pengawalan ketat dari para pemain Hoffenheim. (Daniel ROLAND / AFP)

Bundesliga 2021--2022

Haaland jadi Tumbal Kemenangan Dortmund atas Hoffenheim

Olahraga Borussia Dortmund liga jerman
Kautsar Halim • 23 Januari 2022 06:30
Jakarta: Borussia Dortmund harus membayar mahal kemenangan mereka atas TSG Hoffenheim pada pekan ke-20 Bundesliga 2021--2022 pada Sabtu 22 Januari malam WIB. Sebab, Erling Haaland selaku striker andalan mereka harus meninggalkan lapangan lebih awal karena cedera.
 
Bertanding di Stadion PreZero Arena yang merupakan markas Hoffenheim, Dortmund keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2. Namun kemenangan tersebut tidak didapat dengan mudah karena tuan rumah mampu mendominasi pertandingan dengan baik.
 
Statistik laga menunjukkan, Hoffenheim menguasai bola hingga 58 persen dan punya peluang lebih banyak dengan 16 total tembakan (3 tepat sasaran, 9 melenceng, 4 diblok). Namun, Dortmund mampu tampil lebih efektif saat mendapat peluang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laga baru bergulir enam menit, Dortmund sudah membuka keunggulan melalui Haaland yang menyelesaikan umpan Donyell Malen. Tapi menjelang turun minum atau tepatnya pada menit 45+1, Hoffenheim bisa membuat kedudukan menjadi 1-1 lewat Andrej Kramaric.
 
Tidak diterima dibobol, Dortmund langsung mengembalikan keunggulan pada menit ke-58 lewat Marco Reus yang memanfaatkan umpan terobosan Malen. Namun menginjak menit ke-63, Die Borussen harus terima kehilangan Haaland karena cedera.
 
Saat itu, Haaland terlihat meringis kesakitan sambil memegangi paha kanannya. Situasi ini bisa menjadi sebuah kerugian bagi Dortmund karena Haaland sudah menepi karena cedera dalam dua periode yang berbeda pada musim ini.
 
Haaland absen dalam tiga pertandingan medio 24 September hingga 12 Oktober 2021 karena masalah dengan otot. Kemudian dia menepi lebih lama lagi pada 22 Oktober sampai 25 November 2021 lantaran cedera fleksor pangkal paha.
 
Tiga menit setelah Haaland meninggalkan lapangan dalam keadaan kesakitan, Dortmund menambah keunggulan melalui aksi Malen berikutnya yang memaksa bek tuan rumah David Raum mencetak gol bunuh diri.
 
Tidak lama kemudian, Hoffenheim sempat memangkas ketertinggalan lewat gol Georginio Rutter pada menit ke-77, tapi skor 3-2 untuk keunggulan Dortmund tidak berubah hingga laga berakhir karena tuan rumah kerap menyia-nyiakan peluang yang didapat.
 
Hasil pertandingan membuat Dortmund berada di posisi dua klasemen sementara dengan koleksi 43 poin atau hanya terpaut tiga poin dari Bayern Muenchen yang berada puncak dan baru akan bertanding sehari kemudian. Sementara itu, Hoffeheim merosot ke urutan enam dengan kumpulan 31 poin.
 
Susunan Pemain
 
Hoffenheim: Baumann, Hubner (Nordtveit 62'), Vogt, Raum (Larsen 83'), Richards, Geiger (Rudy 62'), Baumgartner (Rutter 9'), Stiller, Kramaric, Dabbur, Bebou.
 
Borussia Dortmund: Kobel, Hummels, Guerreiro, Akanji (Pongracic 83'), Brandt (Hazard 56'), Wolf (Zagadou 56'), Dahoud, Bellingham, Reus, Malen (Moukoko 83'), Haaland (Witsel 63').

 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif